Featured Post

Tunggu SK Gubernur, Sekretariat DPRD Kota Pasuruan Siapkan Pelantikan Anggota Legislatif Periode 2024-2029

Gambar
Kantor DPRD Kota Pasuruan, Jalan Balaikota No. 11, Kelurahan Kandangsapi, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan. Pasuruan-PaslineNews Pemilihan umum tahun 2024 sudah usai. KPU Kota Pasuruan sudah menetapkan jumlah kursi peserta pemilu dan calon legislatif terpilih DPRD Kota Pasuruan. Sekarang bola bergulir ke Sekretariat DPRD Kota Pasuruan yang akan menyiapkan prosesi pelantikan anggota legislatif terpilih. Sekretaris DPRD Kota Pasuruan, Raden Murahanto mengatakan, hasil rapat Sekwan, pemerintah dan KPU se-Jawa Timur, diketahui, akhir masa jabatan anggota legislatif daerah periode 2019-2024, sebagian besar berakhir di bulan Agustus. Kota Pasuruan sendiri, masa tugas anggota dewan periode 2019-2024  berakhir  pada tanggal 30 Agustus 2024. Namun, untuk menggelar pelantikan pihaknya masih menunggu SK (Surat Keputusan) Gubernur Jawa Timur. "Untuk menggelar pelantikan,kami masih menunggu SK Gubernur. Ada sinyal kuat dari provinsi, waktu pelaksanaan pelantikan harus bertepatan dengan wa

Terminal Wisata Kota Pasuruan Wajib Bersih, Tanggung Jawab Semua Pihak

Sejumlah petugas dari DPRKP sedang mengecat pembatas paving di Terminal Wisata Kota Pasuruan.


Pasuruan-PaslineNews.

Masalah kebersihan dan keindahan Terminal Wisata Kota Pasuruan mendapat perhatian Walikota Pasuruan Drs.H Saifullah Yusuf. Dia bersama Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Rudiyanto dan  beberapa Kepala Dinas serta petugas dari OPD terkait turun langsung  ke lapangan, bersih-bersih dan mengecat Terminal Wisata, di Kelurahan Kandang Sapi, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, Senin (08/01/24).


Sebelum giat bersih-bersih dimulai seluruh petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan, serta petugas dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kota Pasuruan, juga petugas dari Dinas Perhubungan Kota Pasuruan melaksanakan apel pagi dipimpin oleh Walikota Pasuruan Drs.H Saifullah Yusuf. 


Dalam apel, Gus Ipul  sapaan akrab Saifullah Yusuf mengajak semua pihak termasuk pedagang dan pengelola toilet umum di kawasan Terminal Wisata untuk bersama-sama menjaga kebersihan kawasan Terminal Wisata.


"Saya datang kesini karena mendapat laporan dari warga  dalam bentuk Vidio yang menggambarkan suasana Terminal Wisata ini kotor dan kumuh. Mari kita bersama-sama menjaga kebersihan kawasan ini. Sebab Terminal Wisata ini merupakan representatif wajah Kota Pasuruan. Kita semua termasuk  pedagang dan pengelola toilet harus memiliki tanggung jawab atas kebersihan sesuai porsinya masing-masing," ucapnya.


Gus Ipul meminta kepada Kepala Dinas Perhubungan Andriyanto untuk mengecek ulang klausul dalam perjanjian sewa  dengan pedagang dan pengelola toilet. "Dalam perjanjian sewa harus ada klausul bahwa pedagang dan pengelola toilet umum ikut bertanggung jawab terhadap kebersihan ," ujar Gus Ipul.


Tidak hanya itu, mantan Wakil Gubernur Jawa Timur itu menyinggung soal tertib parkir. Dia meminta kepada Kepala Dinas Perhubungan untuk segera memasang portal parkir di kawasan Terminal Wisata.


"Kapan dipasang portal parkir? Saya maunya parkir tertib pada tempatnya agar  kelihatan tapi. Jangan sampai ada yang parkir tidak pada tempatnya seperti di trotoar misalnya. Soalnya kemarin di kawasan alun-alun saya melihat sendiri masih ada yang parkir di trotoar," tukasnya.


Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Kota Pasuruan Andriyanto, berjanji akan menindak lanjuti  permintaan Gus Ipul soal Portal Parkir untuk kendaraan kecil dan roda dua di kawasan terminal Wisata. Namun, realisasinya masih menunggu anggaran turun. Diperkirakan bulan Oktober melalui PAK (Perubahan Anggaran Keuangan).


Andriyanto juga berjanji akan cek ulang Klausul perjanjian sewa dengan pedagang dan pengelola toilet yang harus ikut bertanggung jawab terhadap kebersihan dan kerusakan sesuai porsinya masing-masing. 


"Selaku pengelola kami akan melakukan cek ulang klausul perjanjian dengan pedagang dan pengelola toilet. Kalau belum ada, akan kami lengkapi pada kontrak perjanjian berikutnya. Sebab, perjanjian kontrak tersebut harus diperbaharui setiap tahun. Tapi, seingat saya, di dalam kontrak yang sedang berlangsung  saat ini sudah ada klausul yang berisi kewajiban pedagang dan pengelola toilet ikut bertanggung jawab terhadap kebersihan dan keindahan tempat yang di sewanya," jlentreh Andriyanto.


Ditempat yang sama, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Rudiyanto menuturkan, kegiatan  bersih-bersih ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan bergantian di sejumlah titik. "Kegiatan bersih-bersih ini memang rutin dilakukan. Jadi bukan semata-mata karena ada laporan warga," terang Rudiyanto.


Giat bersih-bersih di kawasan Terminal  Wisata dilakukan oleh sejumlah petugas kebersihan  dari Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan. Juga petugas dari Dinas DPRKP Kota Pasuruan dikerahkan melakukan pengecatan di beberapa tempat seperti diding toilet dan dinding mushollah. Usai digarap rame-rame, kawasan Terminal Wisata tampak lebih bersih dan lebih sedap dipandang mata. 



Reporter : Prabowo.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anggur Wirogunan Andalan Pertanian Kota Pasuruan

Porprov Jatim VIII /2023, Kontingen Kota Pasuruan Tanpa Pencak Silat

Rudiyanto, AP.M.M., Sekda Kota Pasuruan