Featured Post

Keputusan KPU Kota Pasuruan Nomor 547 Tahun 2024 Tentang PetunjukTeknis Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Serta Walikota dan Wakil Walikota Pasuruan Tahun 2024

Gambar
Suasana Sosialisasi KPU tentang Petunjuk Teknis Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Serta Walikota dan Wakil Walikota Pasuruan Tahun 2024, di Resto Kurnia. Pasuruan-PaslineNews Menindak lanjuti Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Nomor 7 Tahun 2024, KPU Kota Pasuruan menggelar Sosialisasi Keputusan KPU Kota Pasuruan Nomor 547 Tahun 2024 Tentang Petunjuk Teknis Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Serta Walikota dan Wakil Walikota Pasuruan Tahun 2024,  di resto Kurnia Kota Pasuruan, Jumat (12/06/24). Ketua KPU Kota Pasuruan Nanang Abidin mengatakan, sosialisasi tersebut menindak lanjuti PKPU RI Nomor 7, bahwa setiap KPU Kabupaten/Kota wajib memiliki Petunjuk Teknis Penyusunan Daftar Pemilih. Dengan memiliki Petunjuk Teknis Penyusunan Daftar Pemilih, diharapkan, informasi terkait pendataan pemilih bisa mudah  sampai ke masyarakat. Sebab, setiap daerah memiliki karakteristik sosial budaya berbeda

Anggur Wirogunan Andalan Pertanian Kota Pasuruan


Pasuruan-Pasline News
Kota Pasuruan kini memiliki kawasan budidaya anggur dan sentra produk turunannya seperti dodol anggur dan minuman anggur. Kawasan tersebut berada di Kelurahan Wirogunan, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan.

Kebon anggurnya sendiri dibudidayakan di Demlot Tanaman Unggulan Anggur di eks tanah bengkok seluas hampir 3000 m2,  berada disisi utara kantor Kelurahan Wirogunan.

Di lahan tersebut tampak tanaman anggur jenis belgia berjajar rapi dengan buahnya yang lebat. Anggur berwarna kuning ini sedang dipanen oleh kelompok tani Kelurahan Wirogunan  bersama Kepala Dinas Pertanian Kota Pasuruan, Edy Ana beserta anak buahnya, Jumat (10/01/20).

"Panen kali ini buahnya lumayan banyak, namun, karena sekarang musim hujan, sebagian buahnya rontok kena air hujan. Walau begitu, beberapa keranjang besar sudah terisi penuh oleh anggur, "ucap Edy Ana.

Kabid  Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Kota Pasuruan, Juni Widodo menerangkan, Rencananya, anggur yang memiliki rasa manis ini, akan dijual kepasar setelah dipilih yang segar dan utuh satu tangkai. Sedangkan yang kurang segar dan lepas dari tangkai akan diolah menjadi minuman anggur dan dodol anggur.

"Program pemerintah ini konsepnya pemberdayaan masyarakat. Kedepan, kelompok masyarakat yang  mengembangkan produk tanaman unggulan dan hasil olahannya, akan kami fasilitasi, "ucapnya.

Sukses Demlot Tanaman Unggulan Anggur Wirogunan, hingga bisa panen dua kali sejak dibudidaya tahun 2018 lalu, tidak lepas dari seorang petugas penyuluh lapangan (PPL) Kelurahan Wirogunan yang bernama Enggar. Atas petunjuk dan bimbingannya selama pendampingan, kelompok tani dan kader kelurahan, akhirnya bisa memahami cara menanam, merawat dan  memanen anggur dengan baik dan benar.

Menurutnya, menanam anggur tidak sulit tapi butuh kesabaran dan telaten. Tentu saja butuh ilmu tehnik bertani yang benar. Tinggal menancapkan batang buah anggur yang dipotong sesuai ukuran, ke media tanah yang lebih dulu diolah.
"Setelah umur enam bulan, anggur mulai bisa dipanen. Biasanya satu tahun bisa panen dua kali, melihat jenis anggur dan kondisi alam serta pemangkasannya. Untuk pohon anggur di Wirogunan, jenisnya anggur belgia, masa panennya 110 hari, "urai Enggar.(B.)

Postingan populer dari blog ini

Porprov Jatim VIII /2023, Kontingen Kota Pasuruan Tanpa Pencak Silat

Rudiyanto, AP.M.M., Sekda Kota Pasuruan