Featured Post

Izul : Ngaji Rutin Jumat Legi Untuk Meningkatkan Keimanan Pengurus Dan Memperkuat Tali Silaturahmi Antara Pengurus Dengan Masyarakat.

Gambar
Pengurus Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kita Pasuruan gelar pengajian rutin setiap Jumat Legi. Pasuruan-PaslineNews Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Pasuruan menggelar Ngaji Jumat Legi bareng jajaran pengurus anak cabang dan ranting bersama masyarakat, di kantor DPC PDI Perjuangan Kota Pasuruan, Jalan KH. Mas Mansyur, Kelurahan Sekar Gadung, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, Jumat (22/10) malam. Karena masih dalam pandemi Covid-19, ngaji Jumat Legi tersebut digelar sederhana hanya dihadiri beberapa pengurus dan perwakilan masyarakat. Dipimpin ustad Karim tokoh masyarakat Sekar Gadung, seluruh yang hadir membaca Maulud diba'. "Karena masih di bulan Maulud (penanggalan Jawa), kami membaca maulud diba' untuk memperingati hari kelahiran Rosulillah Muhammad saw, "ucap Izul, Wakil Ketua Bidang Hukum DPC PDI Perjuangan Kota Pasuruan. Ngaji Jumat Legi tersebut merupakan yang kali kedua diselenggarakan. Dan digelar rutin setiap hari Jumat pasaran Legi (p

Anggur Wirogunan Andalan Pertanian Kota Pasuruan


Pasuruan-Pasline News
Kota Pasuruan kini memiliki kawasan budidaya anggur dan sentra produk turunannya seperti dodol anggur dan minuman anggur. Kawasan tersebut berada di Kelurahan Wirogunan, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan.

Kebon anggurnya sendiri dibudidayakan di Demlot Tanaman Unggulan Anggur di eks tanah bengkok seluas hampir 3000 m2,  berada disisi utara kantor Kelurahan Wirogunan.

Di lahan tersebut tampak tanaman anggur jenis belgia berjajar rapi dengan buahnya yang lebat. Anggur berwarna kuning ini sedang dipanen oleh kelompok tani Kelurahan Wirogunan  bersama Kepala Dinas Pertanian Kota Pasuruan, Edy Ana beserta anak buahnya, Jumat (10/01/20).

"Panen kali ini buahnya lumayan banyak, namun, karena sekarang musim hujan, sebagian buahnya rontok kena air hujan. Walau begitu, beberapa keranjang besar sudah terisi penuh oleh anggur, "ucap Edy Ana.

Kabid  Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Kota Pasuruan, Juni Widodo menerangkan, Rencananya, anggur yang memiliki rasa manis ini, akan dijual kepasar setelah dipilih yang segar dan utuh satu tangkai. Sedangkan yang kurang segar dan lepas dari tangkai akan diolah menjadi minuman anggur dan dodol anggur.

"Program pemerintah ini konsepnya pemberdayaan masyarakat. Kedepan, kelompok masyarakat yang  mengembangkan produk tanaman unggulan dan hasil olahannya, akan kami fasilitasi, "ucapnya.

Sukses Demlot Tanaman Unggulan Anggur Wirogunan, hingga bisa panen dua kali sejak dibudidaya tahun 2018 lalu, tidak lepas dari seorang petugas penyuluh lapangan (PPL) Kelurahan Wirogunan yang bernama Enggar. Atas petunjuk dan bimbingannya selama pendampingan, kelompok tani dan kader kelurahan, akhirnya bisa memahami cara menanam, merawat dan  memanen anggur dengan baik dan benar.

Menurutnya, menanam anggur tidak sulit tapi butuh kesabaran dan telaten. Tentu saja butuh ilmu tehnik bertani yang benar. Tinggal menancapkan batang buah anggur yang dipotong sesuai ukuran, ke media tanah yang lebih dulu diolah.
"Setelah umur enam bulan, anggur mulai bisa dipanen. Biasanya satu tahun bisa panen dua kali, melihat jenis anggur dan kondisi alam serta pemangkasannya. Untuk pohon anggur di Wirogunan, jenisnya anggur belgia, masa panennya 110 hari, "urai Enggar.(B.)

Postingan populer dari blog ini

Pelaksanaan Proyek Milik Pemerintah Anggaran 2021 Diwarnai Banyak Addendum

Proses Pindah Kantor DPC PDI Kota Pasuruan Tidak Ada Masalah, Arif Tepis Berita Asal.

Lubang Galian Jargas Membahayakan Warga, Komisi -3 Panggil Pelaksana PT Pratiwi Putri Sulung