Featured Post

Tunggu SK Gubernur, Sekretariat DPRD Kota Pasuruan Siapkan Pelantikan Anggota Legislatif Periode 2024-2029

Gambar
Kantor DPRD Kota Pasuruan, Jalan Balaikota No. 11, Kelurahan Kandangsapi, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan. Pasuruan-PaslineNews Pemilihan umum tahun 2024 sudah usai. KPU Kota Pasuruan sudah menetapkan jumlah kursi peserta pemilu dan calon legislatif terpilih DPRD Kota Pasuruan. Sekarang bola bergulir ke Sekretariat DPRD Kota Pasuruan yang akan menyiapkan prosesi pelantikan anggota legislatif terpilih. Sekretaris DPRD Kota Pasuruan, Raden Murahanto mengatakan, hasil rapat Sekwan, pemerintah dan KPU se-Jawa Timur, diketahui, akhir masa jabatan anggota legislatif daerah periode 2019-2024, sebagian besar berakhir di bulan Agustus. Kota Pasuruan sendiri, masa tugas anggota dewan periode 2019-2024  berakhir  pada tanggal 30 Agustus 2024. Namun, untuk menggelar pelantikan pihaknya masih menunggu SK (Surat Keputusan) Gubernur Jawa Timur. "Untuk menggelar pelantikan,kami masih menunggu SK Gubernur. Ada sinyal kuat dari provinsi, waktu pelaksanaan pelantikan harus bertepatan dengan wa

Berjalan Alot, Akhirnya H Adi Terpilih Kembali

Foto bareng ketua terpilih H Adi Nur Aziz bersama peserta Musda Vlll DPD KNPI Kota Pasuruan.(foto : Pasline)


Pasuruan-PaslineNews

Akhirnya  H. Adi  Nur Aziz, SH.,MM. terpilih kembali menjadi Ketua DPD KNPI Kota Pasuruan  periode 2024-2027  melalui voting dalam Musyawarah Daerah (Musda) Vlll  KNPI Kota Pasuruan, di Joglo Kejayan, Kabupaten Pasuruan, Minggu (24/12/23).


H. Adi unggul dari  Habibi dengan meraih 13 suara, sedangkan Habibi meraih 4 suara, dari total 17 surat suara. Diikuti oleh 17 OKP( Organisasi Kepemudaan) pemilik hak suara dan 14 OKP peninjau.


Tidak mudah bagi Adi untuk meraih kemenangan, karena dalam Musda kali ini  berjalan sangat dinamis. Dinamika Musda sudah terlihat sejak  sidang paripurna  penentuan jadwal acara. Perdebatan mulai muncul antara OKP pendukung Adi dan Habibi.


Perdebatan semakin sengit ketika masuk dalam paripurna  perumusan tata tertib. Peserta mulai emosional, suara lantang  menghiasi persidangan. 


Adu argumentasi dengan  suasana panas berlanjut sepanjang sidang hingga masuk pada  sidang paripurna yang membahas  mekanisme atau  model pemilihan ketua, antara voting dan musyawarah. 


OKP pendukung Habibi yang dimotori Pemuda Muhammadiyah dan GMNI ngotot agar pemilihan ketua melalui musyawarah. Sedangkan OKP pendukung Adi menginginkan voting. Perdebatan alot  terjadi. Kalah jumlah pendukung Habibi tidak bisa berbuat banyak  hingga  dipungkasi dengan usulan kubu Adi, pemilihan ketua dengan cara voting. 


Meski panas, sidang demi sidang bisa terkontrol dan terkendali. Sebab, peserta sidang yang notabene anak mudah mampu menunjukan kelas dan kapasitasnya,  berdebat, adu argumentasi, namun masih dalam batas kewajaran dalam etika berorganisasi. 


Ketua terpilih H. Adi  Nur Aziz, SH.,MM. Mengatakan, setelah terpilih kembali dirinya bersama pengurus baru akan bersinergi dengan OKP dan Pemerintah Kota Pasuruan. Menurutnya sinergi dengan OKP  merupakan bagian penting pengembangan OKP di masa akan datang. 


Pihaknya juga bersinergi dengan pemerintah kota Pasuruan.  Tujuannya untuk mengesahkan usulan Raperda Kepemudaan. Raperda yang mengakomodir program-program kepemudaan.


"Regulasinya, banyak poin dan pasal yang  mendukung program anak-anak muda di kota pasuruan. Tentu saja mewujudkan Kota Pasuruan Menjadi  kota layak anak muda, sesuai dengan tema Musda kali ini "Sinergisitas Pemuda dan Pemerintah untuk membangun Pasuruan Kota Layak Pemuda," ujar Haji Adi yang terpilih kali kedua menjadi ketua KNPI Kota Pasuruan periode 2024-2027. Sebelumnya dia memimpin KNPI Kota Pasuruan periode tahun 2019-2023.


Dari kubu pendukung Habibi, Adil Ketua Pemuda Muhammadiyah Kota Pasuruan mengatakan, dalam organisasi ada proses dialektika yang kedepannya akan dibuat lebih bagus lagi. "Dalam proses dialektika ada penyampaian argumentasi, itu ketemu atau tidak ketemu ini kan soal kebiasaan," ucapnya singkat usai acara Musda.


Musda Vlll KNPI Kota Pasuruan dibuka oleh Wakil Walikota Pasuruan  Adi Wibowo. Mas Adi, sapaan akrab Adi Wibowo dikesempatan tersebut berpesan, agar OKP se-Kota Pasuruan bersatu. "Saya harap OKP di Kota Pasuruan bersatu, bersama pemerintah membangun Kota Pasuruan menjadi kota layak pemuda," pesannya.


Reporter : Prabowo.

Komentar

  1. Gelarnya ketua terpilih kurang tepat 🙏 harusnya SH MH bukan MM

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anggur Wirogunan Andalan Pertanian Kota Pasuruan

Porprov Jatim VIII /2023, Kontingen Kota Pasuruan Tanpa Pencak Silat

Rudiyanto, AP.M.M., Sekda Kota Pasuruan