Featured Post

Tunggu SK Gubernur, Sekretariat DPRD Kota Pasuruan Siapkan Pelantikan Anggota Legislatif Periode 2024-2029

Gambar
Kantor DPRD Kota Pasuruan, Jalan Balaikota No. 11, Kelurahan Kandangsapi, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan. Pasuruan-PaslineNews Pemilihan umum tahun 2024 sudah usai. KPU Kota Pasuruan sudah menetapkan jumlah kursi peserta pemilu dan calon legislatif terpilih DPRD Kota Pasuruan. Sekarang bola bergulir ke Sekretariat DPRD Kota Pasuruan yang akan menyiapkan prosesi pelantikan anggota legislatif terpilih. Sekretaris DPRD Kota Pasuruan, Raden Murahanto mengatakan, hasil rapat Sekwan, pemerintah dan KPU se-Jawa Timur, diketahui, akhir masa jabatan anggota legislatif daerah periode 2019-2024, sebagian besar berakhir di bulan Agustus. Kota Pasuruan sendiri, masa tugas anggota dewan periode 2019-2024  berakhir  pada tanggal 30 Agustus 2024. Namun, untuk menggelar pelantikan pihaknya masih menunggu SK (Surat Keputusan) Gubernur Jawa Timur. "Untuk menggelar pelantikan,kami masih menunggu SK Gubernur. Ada sinyal kuat dari provinsi, waktu pelaksanaan pelantikan harus bertepatan dengan wa

Yang Lainnya Siang, KPU Kota Pasuruan Malam Hari, Serah Terima Kirab Pemilu 2024

Acara Kirab Pemilu 2024 KPU Kota Pasuruan di Gedung Harmonie


Pasuruan-PaslineNews 

Tidak seperti daerah lain, KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kota Pasuruan menjadi daerah paling unik menerima estafet Kirab Pemilu 2024. Daerah lain menggelar pada siang hari tapi Kota Pasuruan menggelar acara serah terima Kirab Pemilu 2024 pada malam hari, Selasa (10/10/23).


Hal itu disampaikan oleh Gogot Cahyo Baskoro, Ketua Divisi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jawa Timur. Dia mengatakan, bahwa  program kirab ini merupakan program nasional KPU-RI. Kirab  dilepas dari 7 titik di seluruh Indonesia. Sedangkan di Jawa Timur (Jatim) ada 30 titik. 


"Setelah dari Kota Pasuruan, Kirab Pemilu 2024 akan dibawa ke  Kota Malang, lalu ke Kabupaten Nganjuk dan berakhir di ujung barat Jawa Timur Kabupaten Magetan, baru masuk Jawa Tengah di Wonogiri," terang Gogot.


Tambah Gogot, tujuan Kirab Pemilu 2024 tersebut,  dalam rangka sosialisasi dan pendidikan pemilih, untuk peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilu 2024 nanti. "Tingkat partisipasi pemilih kota Pasuruan pada Pemilu tahun 2019  lumayan tinggi yakni  87,68%. Mudah-mudahan tahun 2024 bisa mencapai 90%," ujarnya.


Selain itu, lanjut Gogot, kirab tersebut  juga untuk menjaga kondusifitas daerah, bahkan kondusifitas nasional dengan kolaborasi multi pihak, kerja sama antara KPU dengan stake holder, dan pengampuh kepentingan lain seperti partai politik, bersama  pemerintah  dari tingkat kelurahan sampai pemerintah kota.


"Dengan Kirab Pemilu 2024, Mewujudkan taglan Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa. Perbedaan partai politik akan menjadi persatuan,"tutup Gogot. 


Ditempat yang sama, Walikota Pasuruan, Drs H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul)  bangga dengan tingkat partisipasi pemilih di kota Pasuruan yang berada  diatas rata-rata.


Kepada KPU Kota Pasuruan, Gus Ipul mengapresiasi kerja keras KPU untuk menyukseskan Pemilu sesuai asasnya. "Saya apresiasi kerja keras KPU terutama ketuanya Bu Royce yang tidak segan-segan bekerjasama dengan pemerintah Kota Pasuruan," ucap Gus Ipul.


Ipul juga mengapresiasi kemasan acara yang ditampilkan KPU  dinilai sesuai dengan apa yang sudah digagas pemerintah Kota Pasuruan." Kita harus berbeda. Yang lainnya siang , KPU Kota Pasuruan malam hari. Memang kita harus cari yang berbeda," ujarnya. 


Nanang Abidin, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, KPU Kota Pasuruan menuturkan, prosesi serah terima Kirab Pemilu 2024 dilangsungkan di Gedung Harmonie, di Jalan Pahlawan, Kota Pasuruan.


Kemudian, esok hari, Kirab Pemilu 2024  diserah terimakan kepada PPK di kecamatan panggung, lalu diputar keliling panggung, kemudian besoknya ke daerah pemilihan (Dapil) 2;Bugul Kidul, selanjutnya dapil 3 Purworejo, dan berakhir di dapil  4 Gadingrejo. 


"Kirab Pemilu 2024 akan diIringi grup seni al-banjari, pasukan Paskibraka, mobil Damkar yang dinaiki Komisoner KPU Pasuruan dan KPU probolinggo, di belakangnya Drumband Zipur-10, terakhir rombongan PPK dan PPS se-Kota Pasuruan," kata Nanang.


Gelaran acara Kirab Pemilu 2024 di Gedung Harmonie  tersebut berlangsung meriah dengan hiburan tarian dan atraksi seni Pencak silat. Dihadiri pimpinan Parpol, pejabat Forkopimda Kota Pasuruan, dan tentu saja anggota PPK dan PPS se-Kota Pasuruan yang memadati pelataran gedung Harmonie.


Wartawan: Prabowo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anggur Wirogunan Andalan Pertanian Kota Pasuruan

Porprov Jatim VIII /2023, Kontingen Kota Pasuruan Tanpa Pencak Silat

Rudiyanto, AP.M.M., Sekda Kota Pasuruan