Featured Post

Hanya Satu Nama, Adi Wibowo, Yang Dikirim ke DPP Partai Golkar

Gambar
Momen pendaftaran Caleg Partai Golkar di Pemilu 2024 di KPU Kota Pasuruan. H.M Toyib, Ketua DPRD Partai Golkar Kota Pasuruan (tengah pegang mikrofon). (foto:Bowo) Pasuruan-PaslineNews. Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kota Pasuruan hanya mengirimkan satu nama yakni Adi Wibowo (Mas Adi) sebagai  calon kepala daerah Kota Pasuruan kepada Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar. Hal tersebut dikatakan oleh Ketua DPRD Partai Golkar Kota Pasuruan H M. Toyib, SH., di sekretariat DPRD Kota Pasuruan, Jalan Balaikota No. 11, Kota Pasuruan, Kamis ( 02/05/24). Menurutnya, Partai Golkar sudah lama membuka pintu bagi pendaftar calon kepala daerah khususnya internal partai. Kemudian hanya nama Adi Wibowo yang dikirimkan ke DPP Partai Golkar. "Bulan Februari usai pemilu kemarin nama mas Adi sudah kami kirim  ke DPD Jawa Timur lalu naik ke DPP," ujar H.M. Toyib, SH. Terkait wakil yang akan mendampingi Mas Adi Wibowo,  H. Toyib enggan berkomentar banyak. Menurutnya hal itu masih dalam pemb

H.M Misbakhun Sosialisasikan Program BI Dorong UMKM Gunakan Qris

H.M Misbakhun sosialisasikan program BI kepada pelaku UMKM Kota Pasuruan.


Pasuruan-PaslineNews

Pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) di Kota Pasuruan didorong untuk menggunakan Qris (Quick Response Code Indonesian Standard) dalam setiap transaksi jual-beli.


Dorongan itu datang dari Kepala Kantor Bank Indonesia Cabang Malang Samsul Hadi berkolaborasi dengan H. M Misbakhun, SE., ME., anggota Komisi XI DPR-RI dari Partai Golkar, dalam sebuah acara sosialisasi tentang Qris dengan tema, Partisipasi Edukasi Publik Qris Sebagai Akselerasi Digitalisasi UMKM, di kantor Kelurahan Kebonagung, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, Kamis (30/03/23) sore. 


Menurut Samsul Hadi, di era digital semuanya harus serba cepat termasuk proses pembayaran dalam sebuah transaksi. Kemudahan aplikasinya juga tingkat keamanannya. Bank Indonesia (BI) meluncurkan produk unggulan yang namanya Qris. Qris menjadi standarisasi pembayaran yang menggunakan metode QR Code, agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. 


"Qris adalah metoda pembayaran dengan menggunakan HP (hand phone). Sebab di era milenia ini semua orang  punya HP. Jadi semua pembayaran bisa selesai dengan HP," ujar Samsul Hadi.


Dia menambahkan, pihaknya juga akan memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM untuk mengenal dunia digital. "Bagaimana mengenalkan produk melalui internet yang disebut onboarding. Cukup diolah dirumah perdagangan sudah bisa jalan," ucapnya.


Sosialisasi yang dihadiri lebih dari 400 pelaku UMKM tersebut didukung sepenuhnya oleh Wakil Walikota Pasuruan Adi Wibowo yang hadir mendampingi H.M Misbakhun. Dia mengatakan bahwa sosialisasi tersebut sejalan dengan program pemerintah Kota Pasuruan yang sedang menggiatkan digitalisasi di sektor UMKM.


"Pemkot Pasuruan telah melakukan pelatihan-pelatihan digitalisasi kepada sejumlah pelaku UMKM. Mereka juga diarahkan masuk ke dalam E-Katalog agar bisa menjadi penyedia barang dan jasa pemerintah," terangnya.


Dikesempatan itu, Misbakun tampil menjadi pembicara pamungkas. Dia menuturkan bahwa dirinya mendapat tugas mensosialisasikan mitra kerja, lembaga dan programnya Bank Indonesia. Salah satu tugasnya melakukan perkuatan pertumbuhan ekonomi.


"Saya mendapat tugas mensosialisasikan program BI sebagai mitra kerja Komisi XI. BI sebagai bank sentral mempunyai peran menjaga stabilitas dan perkembangan ekonomi Indonesia. Salah satunya melakukan perkuatan pertumbuhan ekonomi," tuturnya.


Lebih lanjut dia menuturkan, program perkuatan ekonomi BI salahsatunya dalam bentuk sosialisasi dan pelatihan kepada UMKM. "BI akan membantu pelatihan manajemen, pelatihan desain  produk dan kemasan yang bagus, agar UMKM bisa masuk pada akses permodalan bank," urai arek asli Pasuruan ini.


Untuk menjawab tantangan era digitalisasi, lanjut Misbakhun, BI meluncurkan sebuah produk unggulan yaitu Qris. Qris di desain  sebagai standart metoda pembayaran QR Code di sejumlah lembaga keuangan, untuk menjamin kemudahan, kecepatan dan keamanan bertransaksi.


Reporter: Prabowo.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anggur Wirogunan Andalan Pertanian Kota Pasuruan

Porprov Jatim VIII /2023, Kontingen Kota Pasuruan Tanpa Pencak Silat

Rudiyanto, AP.M.M., Sekda Kota Pasuruan