Featured Post

Sebanyak 1095 PPS Se-Kabupaten Pasuruan Dilantik

Gambar
Zainul Faizin secara simbolis menyerahkan SK PPS. Pasuruan-PaslineNews. Sebanyak 1095 Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Pasuruan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua KPU Kabupaten Pasuruan, Zainul Faizin, di aula Sentra Bordir Bang Kadir, Bangil, Kabupaten Pasuruan, Selasa (24/01/23). Menurut Zainul Faizin, sebagai ujung tombak KPU, anggota PPS yang dilantik tersebut merupakan yang terbaik karena sudah lolos dari tes administrasi, tes tulis dan tes wawancara yang kemudian ditentukan melalui sidang pleno Komisioner KPU. Setelah dilantik, lanjut Faizin sapaan akrab Zainul Faizin, PPS segera berkoordinasi dengan pemerintah desa di wilayahnya masing-masing. "Koordinasi-lah dengan kepala desa sebaik mungkin. Andap asor, jangan mentang-mentang. Sebab, kalian butuh bersinergi dengan pemerintah desa," pesan Faizin. Dia juga berpesan, agar supaya PPS bisa melayani masyarakat sebaik mungkin. Mulai dari sosialisasi pemilu, pemutahiran data pemilih, hingga pelaksanaan penc

Kades Asal Kabupaten Pasuruan Luruk DPR-RI, Sampaikan Aspirasi Perubahan Masa Jabatan Kades

Para Kades foto bareng Wabup Kab. Pasuruan, H. Imron Mujib menjelang berangkat ke Jakarta



Pasuruan-PaslineNews.

Sejumlah kepala desa dari Kabupaten Pasuruan berangkat ke Jakarta untuk menyampaikan aspirasinya ke DPR-RI terkait masa jabatan kepala desa.


Dikoordinir oleh AKD (Asosiasi Kepala Desa ) Kabupaten Pasuruan, sebanyak 201 kepala desa  berangkat ke ibu kota negara dengan mengendarai empat buah bus. Dilepas oleh Wakil Bupati Pasuruan KH. Mujib Imron dari komplek perkantoran pemerintah Kabupaten Pasuruan di Raci, Senin (16/01/23). 


Dalam kesempatan tersebut  KH. Mujib Imron berpesan kepada rombongan agar hati-hati selama perjalanan dan ketika menyampaikan aspirasinya  di Jakarta nanti. Menurut Gus Mujib, sapaan akrab KH. Mujib Imron, pemerintah Kabupaten Pasuruan pada prinsipnya menghormati aspirasi kepala desa. "Itu  hak kepala desa  menyampaikan aspirasinya ke DPR-RI," ucapnya.


Dia menambahkan, para kepala desa berangkat ke Jakarta secara mandiri. Semua biaya mulai dari transportasi, serta  akomodasinya disiapkan  mandiri oleh AKD. "Pemerintah hanya  bisa membantu menyediakan tempat titik pemberangkatan agar mudah koordinasinya," ujarnya.


Di lokasi yang sama, Ketua AKD Kabupaten Pasuruan H. Halim mengatakan, sebanyak 201 Kades berangkat  ke Jakarta menggunakan empat buah bus. Namun ada rombongan yang berangkat lebih dulu menggunakan lima buah mobil. Mereka berada di Jakarta selama dua hari.


Di Jakarta, rombongannya akan bergabung dengan kepala desa seluruh Indonesia di  DPR-RI untuk menyampaikan aspirasi terkait  masa  jabatan kepala desa dari masa jabatan tiga periode, satu periodenya enam tahun.  Menjadi dua periode, satu periodenya sembilan tahun.


"Dengan mengurangi periode masa jabatan dari tiga periode menjadi dua periode, itu bisa meringankan beban biaya bagi kepala desa incumben yang maju lagi dalam Pilkades. Dan juga mengurangi potensi konflik dalam pilihan kepala desa (pilkades)," terang H. Halim  yang juga Kades Karangsono, Kecamatan Sukorejo.


Wartawan : Prabowo.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tragedi Maut Rombongan Pensiunan Eks Guru SMPN 8 Kota Pasuruan di Tol Bawean-Ungaran, Semarang.

Nico : Pasar Ramadhan Sepi Disebabkan Perencanaan Kurang Matang, Konsep Tidak Jelas dan Promosi Kurang Masif.

Rudiyanto, AP.M.M., Sekda Kota Pasuruan