Featured Post

Tunggu SK Gubernur, Sekretariat DPRD Kota Pasuruan Siapkan Pelantikan Anggota Legislatif Periode 2024-2029

Gambar
Kantor DPRD Kota Pasuruan, Jalan Balaikota No. 11, Kelurahan Kandangsapi, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan. Pasuruan-PaslineNews Pemilihan umum tahun 2024 sudah usai. KPU Kota Pasuruan sudah menetapkan jumlah kursi peserta pemilu dan calon legislatif terpilih DPRD Kota Pasuruan. Sekarang bola bergulir ke Sekretariat DPRD Kota Pasuruan yang akan menyiapkan prosesi pelantikan anggota legislatif terpilih. Sekretaris DPRD Kota Pasuruan, Raden Murahanto mengatakan, hasil rapat Sekwan, pemerintah dan KPU se-Jawa Timur, diketahui, akhir masa jabatan anggota legislatif daerah periode 2019-2024, sebagian besar berakhir di bulan Agustus. Kota Pasuruan sendiri, masa tugas anggota dewan periode 2019-2024  berakhir  pada tanggal 30 Agustus 2024. Namun, untuk menggelar pelantikan pihaknya masih menunggu SK (Surat Keputusan) Gubernur Jawa Timur. "Untuk menggelar pelantikan,kami masih menunggu SK Gubernur. Ada sinyal kuat dari provinsi, waktu pelaksanaan pelantikan harus bertepatan dengan wa

Di Kecamatan Purworejo Ada 6 Titik Pantau Penilaian Lomba Kota Sehat Wistara Di Kota Pasuruan



Pasuruan-Paslune

Kelompok Rumah Pangan Lestari (KRPL) Wanita Erlangga 5, menjadi salah satu titik pantau penilaian kota sehat wistara Kota Pasuruan, tatanan ketahanan pangan. Penilai tunggal, Yuli Tri Suhartini dari Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, saat tiba di lokasi, pandangannya langsung tertuju pada aneka tanaman sayuran. Dia terkesan dengan KRPL yang berdiri sejak tahun 2016.

Penilai berkeliling mengamati beberapa tanaman dan sesekali bertanya seputar budidaya tanaman, budidaya perikanan air tawar dan hasil olahannya. Lahan seluas kurang lebih 300 m2, yang berada di RW V Kelurahan Purworejo, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan,, menjadi andalan anggotanya untuk memenuhi gizi keluarga .

Ketua RW V, Subur yang mendampingi tim penilai, meberikan keterangan soal budidaya tanaman dan budidaya ikan air rawar. Dia juga mengenalkan budi daya kangkung dengan tehnologi hidroponik sederhana. Sayur kangkung bisa tumbuh segar di media yang terbuat dari botol plastik bekas yang di ambil dari bank sampah. Menurutnya, tehnologi hidroponik sederhana tersebut masih bersifat uji coba. "Sifatnya masih uji coba. Tapi hasilnya sudah kelihatan. Sayur kangkung bisa tumbuh segar,  "ujarnya bangga.

Ketua KRPL Erlangga 5,  Imas, mendampingi penilai selama  Proses penilaian berlangsung. Sesekali dia menerangkan nama tanaman dan khasiatnya. Seperti yang ditanyakan penilai, apa khasiat tanaman ukra. "tanaman ukra bisa dijadikan untuk obat herbal penyakit dalam dan kanker, " terang Imas. Dia lantas menyuguhkan minuman dari tanaman ukra kepada penilai, Yuli Tri Suhartini. Dalam proses penilaian, dihadiri kader kelurahan, tim koordinator, lurah dan Camat Purworejo, Supriyanto, S. Sos,MM.

Supriyanto menerangkan, di Kecamatan Purworejo ada enam titik pantau penilaian. Titik Pantau tersebut ada di lima kelurahan yakni,  Kelurahan Purworejo, titik pantau tatanan ketahanan pangan dan gizi di KRPL Erlangga 5. Di Kelurahan Kebon Agung, titik pantau tatanan lingkungan bersih dan sehat di SMP 4. Dan titik pantau tatanan pemberdayaan masyarakat lingkungan sosial sehat di base camp Angel Heaven, Perum Kebon Agung Mas B.3 no-7

Di Kelurahan Purutrejo, titik pantau tatanan kawasan sarana lalulintas tertib di GOR jalan Sultan Agung. Dan titik pantau di KUBE Jaya Mukti. Di Kelurahan Tembokrejo, titik pantau tatanan kehidupan  sosial sehat di Paud BIC- Bina Insan Cendekia. "Dan terakhir penikaian di kantor Kecamatan Purworejo sendiri, "terang Supriyanto usai penilaian KRPL Wanita Erlangga 5. (B.)

Postingan populer dari blog ini

Anggur Wirogunan Andalan Pertanian Kota Pasuruan

Porprov Jatim VIII /2023, Kontingen Kota Pasuruan Tanpa Pencak Silat

Rudiyanto, AP.M.M., Sekda Kota Pasuruan