Featured Post

Semarak, Gebyar Hardiknas Tahun 2024 di Kota Pasuruan

Atraksi peserta Karnival Pendidikan tahun 2024 di depan Walikota Pasuruan Drs.H Saifullah Yusuf dan Seluruh Kepala OPD Kota Pasuruan di Pendopo Surga Surgi. 



Pasuruan-PaslineNews

Rangkaian acara Gebyar Hardiknas tahun 2024 yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan, Senin (03/06/24) malam, sungguh luar biasa. Ramai, meriah dan menghibur. Ribuan masyarakat Kota Pasuruan datang berduyun-duyun menikmati tontonan gratis tersebut.


Rangkaian acara diawali dengan Karnival Pendidikan 2024. Start dari Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Panggungrejo, sebanyak 96 peserta dari berbagai sekolah se kota Pasuruan ikut berpartisipasi menampilkan karya terbaiknya.


Peserta berjalan menuju garis finish di Gedung Kesenian Darmoyudo di Kompleks Rumah Dinas Walikota Pasuruan, di Jalan Panglima Besar Jenderal Sudirman, Kelurahan Purworejo, Kecamatan Purworejo , Kota Pasuruan. 


Sepanjang jalan yang dilalui sejauh sekitar 300 meter menjadi panggung terbuka bagi para peserta menampilkan kebolehannya di depan publik Kota Pasuruan. Sebelum finish, di Pendopo Surga-Surgi, peserta kembali menampilkan atraksinya dihadapan walikota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan para pejabat OPD Kota Pasuruan.


Uniknya, Walikota Pasuruan dan juga Kepala OPD Kota Pasuruan, kepala sekolah serta guru yang hadir di acara tersebut seluruhnya mengenakan seragam Sekolah Dasar (SD), SMP dan SMA. Menurut Gus Ipul, mengenakan seragam sekolah tersebut merupakan ajakan untuk fokus," pemerintahnya harus fokus, orang tuanya harus fokus, kepala sekolah dan guru harus fokus. Mari kita ajak lebih utuh dalam melihat sebuah persoalan," ucap Gus Ipul 


Usai Karnival Pendidikan 2024, acara dilanjutkan di pelataran Gedung Kesenian Darmoyudo dengan pagelaran panggung seni musik dan tari 'Gebyar Hardiknas tahun 2024'.


Gus Ipul didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Pasuruan Lucky Danar dono, bersama seluruh Kepala OPD Kota Pasuruan, serta tamu undangan juga masyarakat yang setia menonton hingga usai, sangat menikmati berbagai sajian seni musik dan tari. Acara berlangsung sangat menarik penuh kreasi dan akhirnya dipungkasi oleh lawakan Cak Silo cs, yang sukses membuat gelak tawa penonton.


Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) usai acara mengatakan, bahwa peringatan Hari Pendidikan Nasional kali ini, yang dikemas dalam acara Gebyar Hardiknas Tahun 2024, sebuah momen mengumpulkan semua pemangku kepentingan atau stake holder pendidikan Kota Pasuruan. 


"Malam ini kita kumpulkan stake holder dunia pendidikan kita. Pemangku kepentingan yang selama ini terlibat seperti Dewan Pendidikan, komite, guru, dan murid, tentu tuan rumahnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan. Ini tentu kegiatan rutin yang setiap tahun kita selenggarakan, tapi, setiap kegiatan-kegiatan menyambut hari pendidikan selalu kita perkuat komitmen terus berinovasi melakukan hal-hal memperkuat proses belajar mengajar sesuai kebutuhan hari ini," ujarnya


Lebih lanjut Gus Ipul mengatakan, acara Gebyar Hardiknas tahun 2024 dengan tema 'Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Pendidikan' berisi pesan untuk guru, murid dan orang tua, bagaimana anak-anak bisa cukup kuat menghadapi persaingan global dimasa yang akan datang. "Memang ada kebijakan Merdeka Belajar dengan guru penggerak dan sebagainya. Itu kita ikuti, kita dorong, disamping itu kita juga ingin para guru bisa lebih kreatif dan inovatif," ucapnya.


"Dalam rangkaian kegiatan ini kita sampaikan pesan-pesan untuk guru, untuk murid, untuk orang tua, bagaimana anak-anak kita ini cukup kuat menghadapi persaingan globalisasi dimasa yang akan datang, itu pekerjaan rumah (PR) besar kita. Sambil kita memperhatikan PR-PR yang menjadi pekerjaan kita diantaranya, isu-isu yang menyangkut kekerasan di dunia pendidikan, perundungan dan kekerasan seksual, ini harus kita upayakan ditekan sedemikian rupa. Kalau kita kerjasama kemudian menghadirkan prestasi, isu-isu itu bisa kita atasi," pungkasnya.



Reporter : Prabowo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anggur Wirogunan Andalan Pertanian Kota Pasuruan

Porprov Jatim VIII /2023, Kontingen Kota Pasuruan Tanpa Pencak Silat

Rudiyanto, AP.M.M., Sekda Kota Pasuruan