Featured Post

Keputusan KPU Kota Pasuruan Nomor 547 Tahun 2024 Tentang PetunjukTeknis Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Serta Walikota dan Wakil Walikota Pasuruan Tahun 2024

Gambar
Suasana Sosialisasi KPU tentang Petunjuk Teknis Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Serta Walikota dan Wakil Walikota Pasuruan Tahun 2024, di Resto Kurnia. Pasuruan-PaslineNews Menindak lanjuti Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Nomor 7 Tahun 2024, KPU Kota Pasuruan menggelar Sosialisasi Keputusan KPU Kota Pasuruan Nomor 547 Tahun 2024 Tentang Petunjuk Teknis Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Serta Walikota dan Wakil Walikota Pasuruan Tahun 2024,  di resto Kurnia Kota Pasuruan, Jumat (12/06/24). Ketua KPU Kota Pasuruan Nanang Abidin mengatakan, sosialisasi tersebut menindak lanjuti PKPU RI Nomor 7, bahwa setiap KPU Kabupaten/Kota wajib memiliki Petunjuk Teknis Penyusunan Daftar Pemilih. Dengan memiliki Petunjuk Teknis Penyusunan Daftar Pemilih, diharapkan, informasi terkait pendataan pemilih bisa mudah  sampai ke masyarakat. Sebab, setiap daerah memiliki karakteristik sosial budaya berbeda

KPU Kota Pasuruan Lantik 102 Anggota Panitia Pemungutan Suara

 

Pengambilan sumpah janji PPS oleh Royce Diana Sari,  Ketua KPU Kota Pasuruan.(Foto: Bowo) 


Pasuruan-PaslineNews

Sebanyak 102 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024, dilantik dan diambil sumpah janjinya oleh Ketua KPU Kota Pasuruan, Royce Diana Sari, di Resto Kurnia, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Pasuruan, Minggu (26/05/24).


Menurut Royce, dengan dilantiknya anggota PPS tersebut berarti sudah memliki legalitas dan sah dalam menjalankan tugas-tugasnya selama delapan bulan kedepan. "Setelah dilantik mereka memiliki legalitas  untuk bertugas di kelurahan sesuai dengan SK yang diterimanya. Di Kota Pasuruan sendiri terdapat 34 kelurahan, setiap kelurahan diisi tiga petugas PPS," urainya 


Royce  berharap, PPS  yang baru dilantik bisa bertanggung terhadap SK (Surat Keputusan) yang sudah diterimanya. Karena dalam proses rengkrutmennya banyak pertimbangan dan juga masukan dari masyarakat, serta banyak alasan, sehingga nama-nama yang ada di dalam SK itu adalah orang terbaik dan terpercaya menjalankan tugas sebagai PPS.


"Anda harus maju apapun yang terjadi di delapan bulan kedepan, itu menjadi tanggung jawab anda yang harus diangkat mulai hari ini. Tugas membantu KPU juga membantu Pemerintah Kota Pasuruan. Karena ini tugas negara," pesan Royce kepada PPS dalam pidato sambutannya.


Lebih lanjut Royce mengatakan, setelah dilantik, PPS akan melakukan pemutahiran data pemilu yang harus segera dikumpulkan. Karena DP4 (Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan)  milik KPU kemarin sudah dipetakan per kelurahan oleh KPU untuk dicermati oleh PPK dan PPS. 


"Nah, PPS mulai bekerja untuk itu. Mulai kerja sama dengan RT/RW tentang DPS (Daftar Pemilih Sementara) yang dipunyai untuk nanti akan dilakukan coklit (Pencocokan dan Penelitian). Bulan depan ini akan dibentuk pantarlih. Dari pantarlih itu akan melakukan tugas coklit dari rumah ke rumah," jelasnya.


Selain pemutahiran data pemilih, Tugas PPS  juga sebagai jembatan informasi dari KPU ke PPK kepada KPPS yang nanti mereka bentuk. "Jadi tugasnya membentuk KPPS untuk bisa melaksanakan pemungutan suara," ucap Royce.


Pada kesempatan tersebut, Royce mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang  membantu KPU dalam melaksanakan kegiatan penyelenggaraan pemilihan umum. Khususnya kepada camat dan lurah.  


"Saya berterimakasih kepada  camat dan lurah yang mendukung kami. Sebab, ini bagian dari tugas negara yang sama-sama kita emban untuk mensukseskan Pemilukada Kota Pasuruan. Masalah kantor misalnya, KPU tidak memiliki kantor  di kecamatan untuk PPK  atau di kelurahan untuk petugas PPS , tapi nempel di kantor  kelurahan dan kecamatan. Kami mohon dukungan semua pihak demi suksesnya pemilu kada kota  Pasuruan 2024 nanti," tutupnya.



Reporter : Prabowo.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anggur Wirogunan Andalan Pertanian Kota Pasuruan

Porprov Jatim VIII /2023, Kontingen Kota Pasuruan Tanpa Pencak Silat

Rudiyanto, AP.M.M., Sekda Kota Pasuruan