Featured Post

Semarak, Gebyar Hardiknas Tahun 2024 di Kota Pasuruan

Gambar
Atraksi peserta Karnival Pendidikan tahun 2024 di depan Walikota Pasuruan Drs.H Saifullah Yusuf dan Seluruh Kepala OPD Kota Pasuruan di Pendopo Surga Surgi.  Pasuruan-PaslineNews Rangkaian acara Gebyar Hardiknas tahun 2024 yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan, Senin (03/06/24) malam, sungguh luar biasa. Ramai, meriah dan menghibur. Ribuan masyarakat Kota Pasuruan datang berduyun-duyun menikmati tontonan gratis tersebut. Rangkaian acara diawali dengan Karnival Pendidikan 2024. Start dari Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Panggungrejo, sebanyak 96 peserta dari berbagai sekolah se kota Pasuruan ikut berpartisipasi menampilkan karya terbaiknya. Peserta berjalan menuju garis finish di Gedung Kesenian Darmoyudo di Kompleks Rumah Dinas Walikota Pasuruan, di Jalan Panglima Besar Jenderal Sudirman, Kelurahan Purworejo, Kecamatan Purworejo , Kota Pasuruan.  Sepanjang jalan yang dilalui sejauh sekitar 300 meter menjadi panggung terbuka bagi para peserta menampilkan kebolehann

Cegah Penyakit DBD, Dengan Tindakan PSN

Nyamuk Aedes Aegypti pembawa Virus Dengue



Pasuruan-PaslineNews.

Dimusim penghujan diawal tahun 2022 ini, untuk mengantisipasi penyebaran penyakit demam berdarah dengue(DBD), Dinas Kesehatan Kota Pasuruan telah melakukan  langkah-langkah pencegahan. 


Kepala Dinas Kesehatan Kota Pasuruan dr. Shierly Marlena menuturkan, pihaknya telah melakukan langkah antisipasi dengan menggerakkan warga  melakukan tindakan PSN (pemberantasan sarang nyamuk) melalui langkah 3 M, yaitu, menguras, menutup, dan mengubur tempat atau benda yang bisa menjadi sarang nyamuk. 


Tindakan 3M ini tidak asing lagi ditelinga masyarakat. Yaitu, menguras tempat-tempat genangan air, menutup tempat air dan mengubur benda-benda yang memungkinkan menjadi genangan air. Hal tersebut dilakukan agar genangan air tidak dijadikan tumbuh kembangnya nyamuk aedes aegypti pembawa virus dengue biang penyakit DBD.


"Selain tindakan PSN dengan 3M, kami juga melakukan  abatisasi melalui kecamatan, kelurahan, hingga RT/RW, dan melakukan tindakan fogging sesuai indikasi," terang Shierly.


Langkah pencegahan tersebut dilakukan Dinas Kesehatan mengaca pada tahun kemarin bahwa penyakit DBD telah menyerang warga Kota Pasuruan. Data dari RSUD dr.R. Soedarsono Kota Pasuruan, pada Bulan November hingga Desember tahun 2021 setidaknya ada sembilan warga Kota Pasuruan yang menjalani rawat inap di rumah sakit milik Pemkot Pasuruan karena penyakit DBD.


Wartawan : Prabowo.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anggur Wirogunan Andalan Pertanian Kota Pasuruan

Porprov Jatim VIII /2023, Kontingen Kota Pasuruan Tanpa Pencak Silat

Rudiyanto, AP.M.M., Sekda Kota Pasuruan