Featured Post

Upaya Angkat Olahan Bandeng Jelak Menjadi Komoditi Unggulan Kota Pasuruan. Oleh: Mulyo Prabowo

Gambar
Poklasar Jelak Joyo Food menunjukan salah satu kreasi olahan bandeng jelak. Pasuruan-PaslineNews  Nama bandeng jelak sudah tidak asing ditelinga masyarakat Pasuruan. Jenis ikan bersisik keperakan hasil budidaya petambak di Pedukuhan Jelak, Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan  itu sangat disukai karena rasa dagingnya lebih gurih, lembut dan tidak bau tanah. Ketua Kelompok Pengelola dan Pemasaran (Poklasar) produk olahan bandeng  Jelak Joyo Food (JJF), Nurhayati mengatakan, bandeng jelak memang sedikit berbeda dibanding ikan bandeng dari daerah lain. Selain rasanya lebih gurih dan tidak bau tanah, perbedaan itu terlihat dari bentuk fisiknya. Bandeng jelak memiliki ukuran sedikit lebih kecil tapi berisi. Rata-rata perkilonya berisi empat ekor, atau sekitar 2,5 ons per ekornya dalam kondisi segar.  Ciri lainnya, bandeng jelak bibirnya berwarna merah. Sehingga banyak orang menyebutnya dengan si bibir merah, atau ikan bergincu. "Itu ciri fisik khas bandeng jelak y

Harga Gabah Di Kota Pasuruan Turun

 ,

Siap panen, tanaman padi di Kelurahan Blandongan, Kota Pasuruan.


Pasuruan-PaslineNews.

Harga gabah di Kota Pasuruan pada awal bulan Maret 2023 mengalami trend turun. Penurunan harga gabah kering panen terjadi mulai pertengahan bulan Februari dan terus mengalami penurunan hingga saat ini. 


Hal tersebut disampaikan oleh Zainul Arifin, Ketua Kelompok Tani Makmur, Kota Pasuruan, Kamis (02/03/23). Menurutnya, harga gabah kering panen  di tingkat petani saat ini menyentuh angka Rp 4.400,- per kilogram. Sedangkan harga gabah kering panen di tingkat penggilingan berkisar Rp 4.500,- hingga Rp 4.600,- per kilo. 


Padahal, pada bulan Januari hingga pertengahan bulan Februari 2023 harga gabah kering panen ditingkat petani mencapai Rp 5.700,- hingga Rp 5.800,- per kilonya.


"Prediksi kami, penurunan harga gabah bakal terus berlanjut hingga beberapa bulan kedepan. Sebab, pada bulan April di Kota Pasuruan dan sekitarnya, memasuki panen raya, produksi padi meningkat," ujar Zainul Arifin di kediamannya.


Dia menambahkan, Turunnya harga gabah di Kota Pasuruan saat ini disebabkan adanya pasokan gabah dari Jawah Tengah. "Panen raya di Jawah Tengah mendahului panen raya di Kota Pasuruan dan sekitarnya. Sehingga Pasokan gabah dari Jawah Tengah membanjiri perusahaan penggilingan padi. Akibatnya, harga gabah kering panen ditingkat petani lokal Kota Pasuruan dan sekitarnya turun," ungkapnya.


Reporter : Prabowo.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anggur Wirogunan Andalan Pertanian Kota Pasuruan

Porprov Jatim VIII /2023, Kontingen Kota Pasuruan Tanpa Pencak Silat

Daftarkan 30 Bakal Calegnya, Partai Gerindra Bertekad Menang di Kota Pasuruan