Featured Post

Upaya Angkat Olahan Bandeng Jelak Menjadi Komoditi Unggulan Kota Pasuruan. Oleh: Mulyo Prabowo

Gambar
Poklasar Jelak Joyo Food menunjukan salah satu kreasi olahan bandeng jelak. Pasuruan-PaslineNews  Nama bandeng jelak sudah tidak asing ditelinga masyarakat Pasuruan. Jenis ikan bersisik keperakan hasil budidaya petambak di Pedukuhan Jelak, Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan  itu sangat disukai karena rasa dagingnya lebih gurih, lembut dan tidak bau tanah. Ketua Kelompok Pengelola dan Pemasaran (Poklasar) produk olahan bandeng  Jelak Joyo Food (JJF), Nurhayati mengatakan, bandeng jelak memang sedikit berbeda dibanding ikan bandeng dari daerah lain. Selain rasanya lebih gurih dan tidak bau tanah, perbedaan itu terlihat dari bentuk fisiknya. Bandeng jelak memiliki ukuran sedikit lebih kecil tapi berisi. Rata-rata perkilonya berisi empat ekor, atau sekitar 2,5 ons per ekornya dalam kondisi segar.  Ciri lainnya, bandeng jelak bibirnya berwarna merah. Sehingga banyak orang menyebutnya dengan si bibir merah, atau ikan bergincu. "Itu ciri fisik khas bandeng jelak y

Toilet RSUD dr.R Soedarsono Kotor, Gus Ipul Geram

RSUD dr.R Soedarsono Kota  Pasuruan. Kondisi toiletnya sangat kotor. (bawah)



Pasuruan-PaslineNews.

Kebersihan RSUD dr.R Soedarsono mendapat sorotan tajam Wali Kota Pasuruan, Drs. H Saifullah Yusuf. Gus Ipul sapaan akrab Saifullah Yusuf secara langsung memerintahkan direktur rumah sakit, dr. Burhan, untuk bersih-bersih di lingkungan rumah sakit terutama toiletnya. Hal tersebut disampaikan Gus Ipul saat acara Lounching Program Peti Kemas dan Lentera Makam, oleh Dispendukcapil, di gedung Gradika Praja, Jalan Panglima Sudirman, Kota Pasuruan, Selasa (11/10/22).


Dengan nada tinggi Gus Ipul menyesalkan kondisi toilet rumah sakit yang terlihat kotor dan jorok. Dia memaparkan sebuah foto yang mempertontonkan kondisi tersebut. "Saya tidak habis pikir, toilet di rumah sakit kok sangat kotor seperti ini. Foto ini saya dapat dari warga. Biar kita semua tahu, beginilah kondisi kebersihan rumah sakit kita," ujarnya.


Gus Ipul menambahkan, kebersihan merupakan hal mendasar terkait program face off, memperindah wajah kota Pasuruan, termasuk wajah rumah sakit Purut (RSUD dr. R Soedarsono). Dimulai dari kebersihan toiletnya. Karena toilet representasi dari kebersihan lingkungan rumah sakit. "Kalau wajah toiletnya seperti itu bagaimana pengunjung dan pasien bisa betah. Kenapa membersihkan toilet saja kok ya sulit. Toh ini uangnya rakyat bukan uangnya pak Burhan," ucap Ipul geram.


Melihat kondisi tersebut, Gus Ipul pun meminta seluruh pegawai di lingkungan RSUD dr R Soedarsono punya kepedulian, kemauan dan komitmen untuk merubah wajah rumah sakit menjadi lebih bersih dan indah, "Saya minta besok (Rabu,12/10) seluruh pegawai rumah sakit apel pagi. Saya ingin lihat komitmen, kepedulian dan kemauan mereka untuk face off rumah sakit," tukasnya. 


Tidak hanya rumah sakit, Ipul juga mengingatkan jajarannya sampai tingkat kelurahan agar memperhatikan kebersihan di lingkungan kerjanya dimulai dari kebersihan toilet. Dia minta gerakan rombak kebersihan yang disebut Gerobak Madinah. "Saya ini setiap hari ngomong face off, ngomong kebersihan, sampai capek mulut ini. Biar saya dibilang cerewet, tidak peduli. Saya mau toilet milik pemerintah bersih. Untuk itu kita mulai gerakan rombak kebersihan atau Gerobak Madinah," tegas Sekjen PBNU ini.



Wartawan: Prabowo.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anggur Wirogunan Andalan Pertanian Kota Pasuruan

Porprov Jatim VIII /2023, Kontingen Kota Pasuruan Tanpa Pencak Silat

Daftarkan 30 Bakal Calegnya, Partai Gerindra Bertekad Menang di Kota Pasuruan