Featured Post

Upaya Angkat Olahan Bandeng Jelak Menjadi Komoditi Unggulan Kota Pasuruan. Oleh: Mulyo Prabowo

Gambar
Poklasar Jelak Joyo Food menunjukan salah satu kreasi olahan bandeng jelak. Pasuruan-PaslineNews  Nama bandeng jelak sudah tidak asing ditelinga masyarakat Pasuruan. Jenis ikan bersisik keperakan hasil budidaya petambak di Pedukuhan Jelak, Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan  itu sangat disukai karena rasa dagingnya lebih gurih, lembut dan tidak bau tanah. Ketua Kelompok Pengelola dan Pemasaran (Poklasar) produk olahan bandeng  Jelak Joyo Food (JJF), Nurhayati mengatakan, bandeng jelak memang sedikit berbeda dibanding ikan bandeng dari daerah lain. Selain rasanya lebih gurih dan tidak bau tanah, perbedaan itu terlihat dari bentuk fisiknya. Bandeng jelak memiliki ukuran sedikit lebih kecil tapi berisi. Rata-rata perkilonya berisi empat ekor, atau sekitar 2,5 ons per ekornya dalam kondisi segar.  Ciri lainnya, bandeng jelak bibirnya berwarna merah. Sehingga banyak orang menyebutnya dengan si bibir merah, atau ikan bergincu. "Itu ciri fisik khas bandeng jelak y

Dinas Perkim Kabupaten Pasuruan Tahun 2022 Siap Bedah 450 RTLH

Sosialisasi Pelaksanaan Bantuan Sosial RTLH di Kecamatan Kejayan



Pasuruan-PaslineNews

Sebanyak 450 rumah tidak layak huni (RTLH)  akan dibedah oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Pasuruan, pada tahun 2022 ini.


Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Perumahan Rakyat, Dinas Perkim Kabupaten Pasuruan, Ichwan Adi, pada acara Sosialisasi Pelaksanaan Bantuan Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) tahun 2022, di Pendopo Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan, Kamis (07/07/22).


Dia menuturkan, pada tahun 2022 pemerintah menyiapkan  bantuan perbaikan sebanyak 1170  RTLH tersebar di 24 kecamatan. Namun, setelah melalui proses verifikasi dan administrasi, hanya 450 RTLH yang siap. "Kami masih membuka pengajuan baru bagi prioritas RTLH  di seluruh Kabupaten Pasuruan, yang akan kami masukan dalam PAK tahun 2022. Sebab, angkanya masih banyak," ucapnya.


Untuk kelancaran pelaksanaan, lanjutnya, pihaknya menggelar sosialisasi di sejumlah titik yang dimulai dari Kecamatan Kejayan. "Kami mulai dari sini (Kejayan). Dalam sosialisasi kami sampaikan  informasi terkait bantuan sosial perbaikan RTLH, mulai dari teknisnya, proses pencairannya, pendampingan, waktu pelaksanaan, hingga SPJ nya,"terang Ichwan.


Dia menambahkan, bantuan perbaikan RTLH akan diberikan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp 15 juta setiap KPM. Rinciannya, Rp 12  juta dipakai untuk belanja material dan  sisanya sebesar Rp 3 juta dipakai bayar ongkos tukang.


"Insyaallah bantuan akan cair satu bulan setelah sosialisasi. Dana akan ditransfer langsung ke rekening KPM melalui Bank Jatim. Setelah masuk di rekening KPM, duit sebesar Rp 12 juta harus  di transfer ke toko penyedia bahan bangunan yang sudah ditunjuk kelompok KPM," ucap Ichwan Adi yang biasa disapa Nanang ini.



Wartawan : Prabowo.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anggur Wirogunan Andalan Pertanian Kota Pasuruan

Porprov Jatim VIII /2023, Kontingen Kota Pasuruan Tanpa Pencak Silat

Daftarkan 30 Bakal Calegnya, Partai Gerindra Bertekad Menang di Kota Pasuruan