Featured Post

Upaya Angkat Olahan Bandeng Jelak Menjadi Komoditi Unggulan Kota Pasuruan. Oleh: Mulyo Prabowo

Gambar
Poklasar Jelak Joyo Food menunjukan salah satu kreasi olahan bandeng jelak. Pasuruan-PaslineNews  Nama bandeng jelak sudah tidak asing ditelinga masyarakat Pasuruan. Jenis ikan bersisik keperakan hasil budidaya petambak di Pedukuhan Jelak, Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan  itu sangat disukai karena rasa dagingnya lebih gurih, lembut dan tidak bau tanah. Ketua Kelompok Pengelola dan Pemasaran (Poklasar) produk olahan bandeng  Jelak Joyo Food (JJF), Nurhayati mengatakan, bandeng jelak memang sedikit berbeda dibanding ikan bandeng dari daerah lain. Selain rasanya lebih gurih dan tidak bau tanah, perbedaan itu terlihat dari bentuk fisiknya. Bandeng jelak memiliki ukuran sedikit lebih kecil tapi berisi. Rata-rata perkilonya berisi empat ekor, atau sekitar 2,5 ons per ekornya dalam kondisi segar.  Ciri lainnya, bandeng jelak bibirnya berwarna merah. Sehingga banyak orang menyebutnya dengan si bibir merah, atau ikan bergincu. "Itu ciri fisik khas bandeng jelak y

Sosialisasi Vaksinasi Masif, Antusias Warga Desa Branang Tinggi




Pasuruan-Paslinenews

Masyarakat Desa Branang, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan sangat antusias mengikuti program vaksinasi masal. Buktinya, sekitar 250 warga hadir dalam giat vaksinasi yang digelar tim vaksinasi Puskesmas Lekok bersama Badan Intelejen Negara Daerah Jawa Timur di pendopo Desa Branang, Rabu (23/02/22).


Menurut Kepala Desa Branang, Kosim Nur CH, antusias warganya yang tinggi itu buah dari sosialisasi yang intens dan masif oleh perangkat desa, BPBD, Banser, bersama tokoh masyarakat dan tokoh agama. "Alhamdulillah, warga kami sudah sadar akan manfaat vaksin untuk kesehatannya," ucapnya.


Dia menambahkan, sebagian besar warganya bekerja di sektor non formal dan banyak yang bekerja ke luar daerah. Oleh sebab itu, hanya sebagian yang bisa hadir terutama ibu-ibu, dan lainnya akan di arahkan mengikuti vaksinasi di Puskesmas atau di vasilitas kesehatan lainnya.


Lebih lanjut Kosim mengatakan, capaian vaksinasi di desanya paling banyak dibanding desa lainnya di Kecamatan Lekok. "Saat ini capaian vaksinasi dosis dua di desa kami sudah lebih dari 75%. Kami terus mendorong dengan terus sosialisasi ke masyarakat agar yang belum vaksin segera vaksin. Dan yang sudah vaksin dosis dua mengikuti vaksin dosis tiga atau booster seperti sekarang ini," ujarnya.


Kosim berharap, antusias warganya yang tinggi untuk vaksin, akan meningkatkan kesehatan masyarakatnya. Sebab, banyak warganya yang bekerja keluar daerah tentunya rentan tertular virus korona." Kami sadar sebagian besar warga kami bekerja keluar daerah. Oleh sebab itu, kami terus menghimbau warga tersebut untuk vaksin. Dengan vaksin dan melaksanakan protokol kesehatan akan membentengi tubuh dari virus korona. Semoga pandemi Covid-19 segera reda dan ekonomi bangkit kembali," tutupnya.




Peliput : Mulyo.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anggur Wirogunan Andalan Pertanian Kota Pasuruan

Porprov Jatim VIII /2023, Kontingen Kota Pasuruan Tanpa Pencak Silat

Daftarkan 30 Bakal Calegnya, Partai Gerindra Bertekad Menang di Kota Pasuruan