Featured Post

Upaya Angkat Olahan Bandeng Jelak Menjadi Komoditi Unggulan Kota Pasuruan. Oleh: Mulyo Prabowo

Gambar
Poklasar Jelak Joyo Food menunjukan salah satu kreasi olahan bandeng jelak. Pasuruan-PaslineNews  Nama bandeng jelak sudah tidak asing ditelinga masyarakat Pasuruan. Jenis ikan bersisik keperakan hasil budidaya petambak di Pedukuhan Jelak, Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan  itu sangat disukai karena rasa dagingnya lebih gurih, lembut dan tidak bau tanah. Ketua Kelompok Pengelola dan Pemasaran (Poklasar) produk olahan bandeng  Jelak Joyo Food (JJF), Nurhayati mengatakan, bandeng jelak memang sedikit berbeda dibanding ikan bandeng dari daerah lain. Selain rasanya lebih gurih dan tidak bau tanah, perbedaan itu terlihat dari bentuk fisiknya. Bandeng jelak memiliki ukuran sedikit lebih kecil tapi berisi. Rata-rata perkilonya berisi empat ekor, atau sekitar 2,5 ons per ekornya dalam kondisi segar.  Ciri lainnya, bandeng jelak bibirnya berwarna merah. Sehingga banyak orang menyebutnya dengan si bibir merah, atau ikan bergincu. "Itu ciri fisik khas bandeng jelak y

Giliran Kader Posyandu Divaksin Booster


Salah satu kader Posyandu Melati Desa Warungdowo disuntik vaksin booster


Pasuruan-PaslineNews.

Program vaksinasi booster di Kabupaten Pasuruan semakin masif. Kali ini, ibu-ibu kader Posyandu mendapat suntikan vaksin dari Nakes Puskesmas Pohjentrek berkolaborasi dengam Badan Intelejen Negata Daerah Jawa Timur (BINDa Jatim), di Puskesmas Pohjentrek, Jalan Warungdowo Barat, Desa Warungdowo, Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan, Rabu (19/01/22).


Ibu-ibu yang tergabung dalam Kader Posyandu Melati Desa Warungdowo ini sangat antusias melaksanakan vaksin booster. Mereka hadir sebelum giat vaksin dimulai pada pukul 08.00WIB.


Ida Hijriyati, salah satu kader Posyandu Melati mengatakan, dirinya bersama teman-teman kader Posyandu beberapa hari lalu diundang oleh pihak Puskesmas untuk vaksin booster di Puskesmas Pohjentrek hari Rabu ini.


"Sebagai kader kesehatan di desa, kami lebih dulu mendapat suntikan vaksin booster.  Kemudian kami akan lakukan sosialisasi ke masyarakat agar sadar untuk melaksanakan vaksin booster. Harapan kami, masyarakat sadar akan pentingnya vaksin dosis ketiga atau booster ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan virus korona. Agar kondisi di desa kami kembali normal seperti sediakala," ucap Ida.


Di tempat yang sama, koordinator vaksin Puskesmas Pohjentrek, Dini menuturkan, pihaknya mengundang instansi pemerintah terdekat seperi guru-guru sekolah, perangkat desa dan UPT Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur- Pasuruan untuk vaksin booster. "Dari unsur masyarakat kita mengundang kader Posyandu dan kelompok masyarakat lainnya," kata Dini.


Dini menambahkan, selain vaksin booster, pelayanan vaksin untuk umum masih berjalan. Pihaknya juga melaksanakan vaksin anak di sekolah-sekolah dasar." Kami melayani vaksin dosis satu, dua dan vaksin booster. Hari ini, yang hadir di sini (Puskesmas Pohjentrek) mulai dari usia anak-anak hingga manula. Target kami, vaksin masyarakat sebanyak-banyaknya," pungkas Dini.


Peliput : Prabowo


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anggur Wirogunan Andalan Pertanian Kota Pasuruan

Porprov Jatim VIII /2023, Kontingen Kota Pasuruan Tanpa Pencak Silat

Daftarkan 30 Bakal Calegnya, Partai Gerindra Bertekad Menang di Kota Pasuruan