Featured Post

Berbagi Indonesia Sehat, Indonesia Hebat

Gambar
  Pasuruan-PaslineNews. Dampak wabah Covid-19 sangat memberatkan bagi ekonomi masyarakat berpenghasilan rendah seperti abang becak, pedagang kaki lima (PKL), dan pengusaha kecil lainnya. Prihatin dengan kondisi tersebut , sejumlah Pengurus cabang olah raga (Cabor) Elektronik Sport Indonesia (ESI) Pasuruan Raya, melakukan kegiatan sosial berbagi nasi kotak, masker, dan vitamin C. Bakti sosial itu dilakukan selama dua hari, hari Minggu dan Senin (14/09/21), di beberapa titik di kawasan yang  banyak warga beraktifitas, seperti di alun-alun, taman, dan kawasan PKl.  sambil membagikan nasi kota, masker, dan vitamin C  pengurus ESI Kabupaten dan Kota Pasuruan ini memberikan himbauan kepada warga untuk taat prokes. Dengan melakukan baksos dan sosialisasi tersebut, Rombongan E Sport Pasuruan Raya berjalan beriringan dengan menggunakan 2 kendaraan dan berhenti dibeberapa titik untuk membagikan nasi kotak, vitamin dan masker. Sebanyak 50 nasi kotak, 100 masker, plus 100 pcs Vitamin C habis dibag

Kemitraan UKM Dengan Perusahaan Besar Jurus Ampuh Kurangi Pengangguran Dimasa Pandemi Covid-19.

Menaker, Dr.Hj. Ida Fauziyah, M.Si tinjau ruang produksi UKM mitra perusahaan Panasonic Gobel Pasuruan.



Pasuruan-PaslineNews.

Dimasa pandemi Covid-19 yang berkepanjangan ini pemerintah mendorong  UKM (usaha kecil mikro) untuk tetap eksis. Hal tersebut dikatakan oleh  Kemenaker, Dr.Hj Ida Fauziyah, M.Si, ketika berkunjung ke pabrik Panasonic Gobel di kawasan  Industrial Estate Rembang (PIER), Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur, Jumat (27/08).


Ida Fauziyah menuturkan, pelaku UKM memang sangat terdampak di masa Pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Padahal sektor UKM ini banyak menyerap tenaga kerja. Pemerintah berupaya mencari cara mendorong agar sektor UKM ini bisa terus eksis bahkan lebih berkembang. Jurus ampuh saat ini adalah kemitraan dengan perusahaan besar. 


"Contoh paling nyata saat ini adalah kemitraan perusahaan Panasonic Gobel dengan UKM. Sementara ada dua UKM yang bermitra dengan perusahaan Panasonic Gobel yang memproduksi bermacam lampu merk Panasonic ini. Perusahaan Panasonic membantu mitranya dengan sejumlah peralatan, bahkan tempat kerjapun disediakan. Harapan kami, model kemitraan ini dapat ditiru oleh perusahaan lainnya agar dapat menyerap banyak tenaga kerja," tutur Hj. Ida Fauziyah.


Dia menambahkan, proses kemitraan yang dilakukan oleh perusahaan Panasonic Gobel, bekerjasama dengan pemerintah daerah yang berfungsi sebagai penghubung dengan UKM.


"Proses perluasan lapangan kerja dilakukan dengan mendorong pelaku usaha mikro untuk ambil bagian bermitra dengan perusahaan besar apalagi perusahaan yang berorientasi eksport. Pelaku UKM butuh kemitraan, harus ada yang gendong. Ini menjadi komitmen Kemenperindag, Kemenkop-UKM dan Kemenaker.  Pasar kerja kita citakan tapi kita juga mendorong lapangan kesempatan kerja," tutup Hj. Ida Fauziyah.



"

Wartawan : Prabowo.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anggur Wirogunan Andalan Pertanian Kota Pasuruan

KBTTPK Padepokan Agung Suwayuwo Pasuruan ll Gelar Peringatan 10 Suro 1953 J