Featured Post

Upaya Angkat Olahan Bandeng Jelak Menjadi Komoditi Unggulan Kota Pasuruan. Oleh: Mulyo Prabowo

Gambar
Poklasar Jelak Joyo Food menunjukan salah satu kreasi olahan bandeng jelak. Pasuruan-PaslineNews  Nama bandeng jelak sudah tidak asing ditelinga masyarakat Pasuruan. Jenis ikan bersisik keperakan hasil budidaya petambak di Pedukuhan Jelak, Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan  itu sangat disukai karena rasa dagingnya lebih gurih, lembut dan tidak bau tanah. Ketua Kelompok Pengelola dan Pemasaran (Poklasar) produk olahan bandeng  Jelak Joyo Food (JJF), Nurhayati mengatakan, bandeng jelak memang sedikit berbeda dibanding ikan bandeng dari daerah lain. Selain rasanya lebih gurih dan tidak bau tanah, perbedaan itu terlihat dari bentuk fisiknya. Bandeng jelak memiliki ukuran sedikit lebih kecil tapi berisi. Rata-rata perkilonya berisi empat ekor, atau sekitar 2,5 ons per ekornya dalam kondisi segar.  Ciri lainnya, bandeng jelak bibirnya berwarna merah. Sehingga banyak orang menyebutnya dengan si bibir merah, atau ikan bergincu. "Itu ciri fisik khas bandeng jelak y

Kampung Tangguh Semeru RT.01-RW.03 Mandaranrejo Terbentuk Ditengah Masyarakat Tangguh

 

 


Pasuruan-PaslineNews

Kampung Tangguh memang pantas disematkan pada warga gang 10 Jalan Jendral S. Parman RT.01-RW.03, Kelurahan Mandaranrejo, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan. Masyarakatnya  yang mayoritas berdagang sarung keliling keluar kota, mampu menjaga diri dari wabah corona. Selalu memakai masker, cuci tangan dan cek kesehatan ke Puskesmas terdekat, menjadi rutinitas warganya. Kampung Tangguh Semeru RT.02-RW.03 tersebut diresmikan oleh Kompol Endri, Jumat (19/02/21), mewakili Kapolres Pasuruan Kota AKBP Arman, S. I. K., yang berhalangan hadir. 


Endri dalam sambutannya berpesan, agar masyarakat Kampung Tangguh Semeru RT. 01-RW.03 gang 10 Jalan Jendral S. Parman ini senantiasa patuh dan taat kepada aturan pemerintah untuk selalu menjaga diri dengan melaksanakan protokol kesehatan agar masyarakat kampung tangguh benar-benar tangguh steril dari virus Covid-19. 


"Patuhi peraturan pemerintah untuk melaksanakan protokol kesehatan agar kampung kita tidak kena virus corona dan kita akan aman dan nyaman melakukan aktifitas sehari-hari. Mudah-mudahan wabah ini segera berakhir dan kehidupan kita kembali normal. Satu lagi, jika ada tamu dari luar arahkan ke fasilitas kesehatan terdekat  seperti puskemas  agar tidak langsung berbaur dengan masyarakat kita, "pesan Kabag Ren Polres Pasuruan Kota Ini. 


Kapolsek Bugulkidul Kompol Suprihatin, SE, mendampingi Kompol Endri, dalam sambutannya mengatakan, adanya pandemi corona, mayarakat  harus menjadi manusia tangguh. Harus ada wadah seperri kampung tangguh ini  untuk memerangi penularan virus corona di lingkungan kecil. Dengan adanya Kampung Tangguh Semeru, banyak manfaat yang bisa dirasakan warga. Selain menangkal covid-19, juga dapat menangkal kriminalitas. Manfaat berikutnya, jika ada bencana alam, warga bisa berkoordinasi di kampung tangguh ini bagaimana langkah penanggulangan bencana akan dilakukan. 


"Kami selaku tim gugus tugas kecamatan terus menghimbau kepada masyarakat untuk selalu melakukan protokol kesehatan, pakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak. Hindari kegiatan berkerumun. Kurangi mobilitas, artinya kurangi pergerakan keluar wilayah jika tidak terlalu urgen, "himbaunya.


Suprihatin menambahkan,  PPKM (Program Pembatasan Kegiatan Masyarakat) mikro di setiap kelurahan sudah terbentuk. Dalam pelaksanaannya, PPKM mikro harus selalu berkoordinasi dengan Kampung Tangguh Semeru untuk penaggulangan wabah Covid-19." Atas perintah Walikota Pasuruan, PPKM mikro disetiap kelurahan  sudah terbentuk dengan lurah sebagai ketuanya. Selanjutnya akan dibentuk PPKM di tingkat RT, "paparnya.


Ketua Kampung Tangguh Semeru RT. 01-RW.03 Admuji, dalam sambutannya menceritakan beberapa kegiatan warganya yang sudah menjadi rutinitas termasuk dalam penangulangan wabah Covid-19. "Warga disini mayoritas sohol sawaring ( bekerja berjualan sarung). Setelah  bekerja dari luar kota mereka tidak langsung kerumah tapi cek kesehatan dulu di Puskesmas Panggungrejo, " terangnya. 


Dia menambahkan, kegiatan masyarakat yang dikoordinir BKM Amanah Kelurahan Mandaranrejo untuk menjaga lingkungannya sudah berjalan dengan baik." Untuk menjaga keamanan lingkungan ada siskamling. Ada tujuh titik pos keamanan lingkungan yang mengkaver 23 RT- 5 RW. Untuk kebencanaan, sudah ada relawan yang siap membantu masyarakat. Seperti bencana banjir yang terjadi beberapa hari lalu. Ada 14 rumah yang terendam banjir. Penyebabnya, pintu dam di pelabuhan tidak terbuka maksimal. Alhamdulilah sekarang sudah bisa diatasi. Sekarang lurah sudah pegang kunci dam untuk buka tutup pintu dam, "jlentreh Admuji yang juga Ketua RT. 01-RW.03


Lurah mandaranrejo Bekti Purwanto menuturkan, terbentuknya Kampung Tangguh Semeru di RT.01-RW.03 tersebut atas peran serta elemen masyarakat yang dimotori oleh BKM Amanah Mandaranrejo. Diketuai H.M. Asroffudin yang biasa di sapa Udin, mampu mengkoordinir kelompok masyarakat di Kelurahan Mandaranrejo. Seperti, LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) Mandaranrejo yang diketuai H. Hanafi, dan Ormas Alas Pati yang diketuai Syaqif Constantin. 


Acara tersebut juga dihadiri, Plt, Camat Panggungrejo Sudarto, Danramil Gadingrejo Kapten Endar, BKM, LPM, Babinsa serta Babinkamtibmas Kelurahan Mandaranrejo. Acara ditutup dengan bagi-bagi masker dan nasi kotak di Jalan Jendral S. Parman depan gang 10.(B.).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anggur Wirogunan Andalan Pertanian Kota Pasuruan

Porprov Jatim VIII /2023, Kontingen Kota Pasuruan Tanpa Pencak Silat

Daftarkan 30 Bakal Calegnya, Partai Gerindra Bertekad Menang di Kota Pasuruan