Featured Post

Gus Ipul: Kalau Kemudian Sekarang Dikembangkan Isu Seakan-akan Mau Mengganti Ketua Umum PKB Itu Sebenarnya Sesuatu Yang Biasa Saja.

Gambar
Walikota Pasuruan Drs. H Saifullah Yusuf saat meresmikan Gedung PLUT-KUMKM. Pasuruan-PaslineNews Tudingan  bahwa  ada upaya-upaya  mengganti Ketua Umum PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) dari netizen yang berkomentar di media sosial (medsos), disikapi enteng oleh Sekjen PB NU Drs H Saifullah Yusuf atau Gus Ipul. Dia menilai itu hanya opini yang dikembangkan pihak- pihak tertentu dan itu hal yang biasa dalam sebuah proses politik. "Kalau  kemudian sekarang dikembangkan isu seakan-akan mau mengganti ketua Umum PKB itu sebenarnya sesuatu yang biasa saja.  Jadi, itu proses yang  biasa," ucap Gus Ipul saat meresmikan gedung PLUT-KUMKM di Jalan Raya Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Gadingrejo, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, Rabu (16/04/24).  Dia menambahkan, opini tersebut sudah membawa-bawa penguasa dan pihak lain yang dituding berupaya mengganti ketua umum PKB.  "Saya ingin menyatakan bahwa tidak ada upaya yang digerakkan oleh kekuasan untuk mengganti pimpinan PKB tapi karen

Jumlah Pemilih Tetap Di Pilwali Kota Pasuruan 2020 Sebanyak 146.618 Pemilih

 



Pasuruan-PaslineNews. 

Jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap) dalam pemilihan Walikota dan Wakil Wali Kota Pasuruan tahun 2020, sebanyak 146.618 pemilih. Pemilih laki-laki sebanyak 71.998 dan pemilih perempuan sebanyak 74.680.

Data tersebut dirilis oleh KPU Kota Pasuruan dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penerapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Serentak Lanjutan tahun 2020 di salah satu hotel di Kota Paauruan, Rabu (14/10). 

Total pemilih tersebut direkap dari empat kecamatan yakni, Kecamatan Panggungrejo sebanyak  48.233 pemilih dengan jumlah TPS (Tempat Pemungutan Suara) sebanyak 122 yang tersebar di 13 kelurahan. 

Kecamatan Bugul Kidul, total pemilih sebanyak 22.492  dengan jumlah TPS sebanyak 55 yang tersebar di 6 kelurahan. Di Kecamatan Purworejo total pemilih sebanyak  42.632 dengan 101 TPS tersebar di 7 kelurahan. Dan di Kecamatan Gadingrejo terdapat total pemilih sebanyak 33.261 dengan jumlah TPS sebanyak 79 yang tersebar di 8 kelurahan. 

Ketua KPU Kota Pasuruan, Royce Diana Sari memerangkan, angka DPT tersebut diperoleh setelah melalui proses pencocokan dan penelitian (coklit), kemudian menjadi DPS (daftar pemilih sementara), lalu disusun  DPS Hasil Perubahan (DPS-HP) dan  terakhir, ditetapkan  menjadi DPT. 

Selama proses pemutahiran data pemilih oleh PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) KPU Kota Pasuruan, ditemukan  perubahan angka-angka data pemilih. Perubahan tersebut disebabkan masuknya pemilih baru dan ditemukannya data pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS). 

"Data pemilih didapat dari rekomemdasi Bawaslu Kota Pasuruan, Dinas Kependudukan-Catatan Sipil Kota Pasuruan, dan masukan serta tanggapan masyarakat. Kemudian  kita olah, kita update, kita rumuskan, lalu kita susun sampai menjadi DPT yang kita plenokan hari ini, "ucap Royce usai rapat pleno. 

Royce menambahkan, DPT  pemilihan kepala daerah Kota Pasuruan tahun 2020, ada penurunan dibanding pemilihan legeselatif dan pilpres tahun 2019 lalu. " Ada penurunan sebanyak 822 pemilih dibanding pileg/pilpres tahun  2019 lalu, dengan DPT sebanyak 147.500 pemilih. Hal itu rerjadi akibat pemilih meninggal dunia, pindah domisili dan ditemukannya data pemilih ganda," tutup Royce. (B.). 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anggur Wirogunan Andalan Pertanian Kota Pasuruan

Porprov Jatim VIII /2023, Kontingen Kota Pasuruan Tanpa Pencak Silat

Daftarkan 30 Bakal Calegnya, Partai Gerindra Bertekad Menang di Kota Pasuruan