Featured Post

Upaya Angkat Olahan Bandeng Jelak Menjadi Komoditi Unggulan Kota Pasuruan. Oleh: Mulyo Prabowo

Gambar
Poklasar Jelak Joyo Food menunjukan salah satu kreasi olahan bandeng jelak. Pasuruan-PaslineNews  Nama bandeng jelak sudah tidak asing ditelinga masyarakat Pasuruan. Jenis ikan bersisik keperakan hasil budidaya petambak di Pedukuhan Jelak, Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan  itu sangat disukai karena rasa dagingnya lebih gurih, lembut dan tidak bau tanah. Ketua Kelompok Pengelola dan Pemasaran (Poklasar) produk olahan bandeng  Jelak Joyo Food (JJF), Nurhayati mengatakan, bandeng jelak memang sedikit berbeda dibanding ikan bandeng dari daerah lain. Selain rasanya lebih gurih dan tidak bau tanah, perbedaan itu terlihat dari bentuk fisiknya. Bandeng jelak memiliki ukuran sedikit lebih kecil tapi berisi. Rata-rata perkilonya berisi empat ekor, atau sekitar 2,5 ons per ekornya dalam kondisi segar.  Ciri lainnya, bandeng jelak bibirnya berwarna merah. Sehingga banyak orang menyebutnya dengan si bibir merah, atau ikan bergincu. "Itu ciri fisik khas bandeng jelak y

Peringatan May Day 1 Mei 2020 Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan Beri Bantuan Paket Sembako dan masker Pada Buruh.


Pasuruan-Pasline News.
Di tengah melawan wabah Covid-19 yang berdampak buruk pada kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat, hawa sejuk ditaburkan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan dengan  memberikan paket bantuan bahan pangan dan masker kepada buruh pabrik.

Penyerahan bantuan dilaksanakan dalam vidiokonfrens  Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf  dengan Pj. Sekda dan Kepala Disnakertrans serta undangan dari perwakilan serikat buruh dan  jajaran pengurus Apindo, di aula  Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pasuruan Jalan Ir. H. Juanda No. 56 Kota Pasuruan, Jumat (01/05).

Bantuan tersebut  secara simbolis di berikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pasuruan  Tri Agus Budiarto kepada 5 orang perwakilan buruh. Yakni, Sumantri dari PT. Spesialis Sejahtera; Anggraeni dari PT. Mahakarya Putra; Kinasih Indah dari PT. Taman Safari Indonesia; Doni Prista dari PT. Karya Mitra Budi Sentosa; Muhammad Sofyan dari PT. Liman Jaya Anugerah.

Sebanyak 3000 paket sembako akan dibagikan kepada buruh yang terorganisir di 17 serikat buruh di 24 perusahaan. Bantuan dalam bentuk bahan pangan senilai Rp 200 ribu per paket itu akan didistribusikan 6 kali yakni, tanggal 4 Mei,  5 Mei,.6 Mei,  8 Mei, 12 Mei dan tanggal 14 Mei 2020.

Selain itu, Pemkab Pasuruan juga memberi bantuan masker pada  17 DPC Serikat Buruh se-Kabupaten Pasuruan, masing-masing 5000 pieces . Bantuan tersebut diberikan secara simbolis oleh Pj. Sekda Kabupaten Pasuruan Misbah Zunit kepada perwakilan buruh Joko handoyo dari SPSI.

Bupati Pasuruan  H Irsyad Yusuf dalam sambutannya mengucapkan  selamat hari buruh. Kali ini peringatan hari buruh internasional berbeda dengan sebelumnya. Karena wabah corona, semuanya prihatin.

Irsyad Yusuf menuturkan, untuk percepatan penanggulangan corona, pemerintah melakukan langkah Refocusing Anggaran dan realokasi anggaran dengan  pergeseran anggaran APBD 2020.

Pergeseran tersebut untuk meningkatkan kapasitas dan pelayanan rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya. Juga untuk kegiatan pencegahan penularan corona. Seperti penerapan physical Distancing dijalan protokol.

Pergeseran anggaran juga untuk memberikan bantuan pada masyarakat yang berdampak sosial dan ekonominya.

"Bantuan yang kita berikan kepada buruh, mudah mudahan manfaat dan menjadi berarti ditengah kondisi sulit ini. Untuk distribusinya,  Gugus Tugas bekerja sama dengan  Apindo dan serikat pekerja. Sebab, masalah corona ini,  semua elemen harus bekerja sama, bahu membahu melawan penyebaran  Corona, "terang Irsyad.

Pemerintah tetap fokus pada pencegahan corona. Salah satu langkah yang diambil adalah memberi bantuan masker kepada masyatakat. Serikat pekerja membantu droping  masker kemasyarakat.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Apindo dan serikat buruh. Selama ini sudah mampu menjadi salah satu penopang perekonomian Kabupaten Pasuruan. Sekali lagi saya ucapkan selamat hari buruh, "tutup Irsyad.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Pasuruan Tri Agus Budiarto menerangkan, bantuan tersebut bertepatan dengan peringatan hari buruh. Peringatan kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Biasanya kegiatan hari buruh dibuat gebyar. Namun ditengah melawan wabah corona,  kegiatan gebyar dihilangkan.  Agar roh peringatan Hari Buruh  tidak hilang,  Disnakertrans bekerja sama dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 membantu sembako kepada buruh terdampak meski nilainya tidak besar.

"Perang Melawan Corona sangat berdampak pada kehidupan dunia industri. Banyak industri di Pasuruan menghentikan aktifitasnya karena negara tujuan eksport menutup pintu untuk pencegahan corona. Data perusahaan yang terdampak sebanyak 30 perusahaan. Sebagian besar perusahaan padat karya. Rata-rata kesulitan bahan baku dan memasarkan produknya, "pungkas Tri Agus.

Acara berjalan lancar, dan tetap menjalankan protokol kesehatan. Tempat duduk di beri jarak satu meter. Sebelum masuk ruangan undangan wajib cuci tangan dan yang paling wajib pakai masker.(B.)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anggur Wirogunan Andalan Pertanian Kota Pasuruan

Porprov Jatim VIII /2023, Kontingen Kota Pasuruan Tanpa Pencak Silat

Daftarkan 30 Bakal Calegnya, Partai Gerindra Bertekad Menang di Kota Pasuruan