Featured Post

Upaya Angkat Olahan Bandeng Jelak Menjadi Komoditi Unggulan Kota Pasuruan. Oleh: Mulyo Prabowo

Gambar
Poklasar Jelak Joyo Food menunjukan salah satu kreasi olahan bandeng jelak. Pasuruan-PaslineNews  Nama bandeng jelak sudah tidak asing ditelinga masyarakat Pasuruan. Jenis ikan bersisik keperakan hasil budidaya petambak di Pedukuhan Jelak, Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan  itu sangat disukai karena rasa dagingnya lebih gurih, lembut dan tidak bau tanah. Ketua Kelompok Pengelola dan Pemasaran (Poklasar) produk olahan bandeng  Jelak Joyo Food (JJF), Nurhayati mengatakan, bandeng jelak memang sedikit berbeda dibanding ikan bandeng dari daerah lain. Selain rasanya lebih gurih dan tidak bau tanah, perbedaan itu terlihat dari bentuk fisiknya. Bandeng jelak memiliki ukuran sedikit lebih kecil tapi berisi. Rata-rata perkilonya berisi empat ekor, atau sekitar 2,5 ons per ekornya dalam kondisi segar.  Ciri lainnya, bandeng jelak bibirnya berwarna merah. Sehingga banyak orang menyebutnya dengan si bibir merah, atau ikan bergincu. "Itu ciri fisik khas bandeng jelak y

Patroli Tiga Pilar Garuk Delapan Pemuda


Pasuruan-Pasline News.
Delapan pemuda digaruk Satpol PP Kota Pasuruan bersama Polri dan TNI dalam giat Patroli Bubarkan Kerumunan Massa dalam rangka pencegahan wabah Corona, Sabtu (18/04) malam.

Mereka diamankan petugas  di kawasan Regunan, selatan Alun-Alun Kota Pasuruan. Dipergoki saat cangkrukan sambil menenggak minuman keras (miras). Mereka tidak bisa berkelit lagi sebab, mulutnya bau alkohol. Dilokasi itu juga ditemukan sebotol miras jenis cukrik. Mereka  kemudian di angkut ke mobil petugas dan dibawa ke Mapolres Pasuruan Kota. Sebelum di bawa, sekujur tubuhnya di semprot disinfectant oleh petugas Kepolisian.

Dari para pemuda itu, aparat Tiga Pilar juga mengamankan lima buah motor. Rata-rata tidak bisa menunjukan STNK dan tidak memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM).

Plt. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP') Kota Pasuruan, Drs. Yanuar Alfiansyah mengatakan,  Tiga Pilar yang terdiri dari unsur Satpol PP Kota Pasuruan, Anggota Polres Pasuruan Kota dan Personil TNI dari Kodim 0819 Pasuruan,  rutin melakukan patroli bubarkan kerumunan massa dalam rangka cegah tangkal Corona.

"Kali ini kita lakukan dengan menyisir jalanan di kawasan utara, timur dan selatan Kota Pasuruan. Dari giat tersebut kita amankan beberapa remaja dan sejumlah motor. Selanjutnya ditangani oleh Polres Pasuruan Kota, "ucapnya.

Dalam giat tersebut petugas juga mengamankan bangku dan kursi milik beberapa warung kopi yang nekat buka meski sudah diingatkan petugas berulang kali.

Setidaknya ada tiga warung nakal yang disemprit petugas. Seperti di warung kopi Giras19 di kawasan pelabuhan, Kelurahan Mandaranrejo, Kecamatan Panggungrejo. Petugas gabungan  yang di pimpin  Plt. Kasat Pol PP Kota Pasuruan Drs.Yanuar Alfiansyah, bertindak tegas dengan mengamankan sejumlah bangku dan membubarkan beberapa pemuda yang asyik nongkrong.

Berikutnya, di warung Barokah di kawasan Lecari, Kelurahan Bugul Kidul, Kecamatan Bugul Kidul. Karena tidak mengindahkan peringatan petugas yang sudah  disampaikan berulang kali, Petugas terpaksa mengamankan sejumlah kursi kayu dari warung itu.

Dan terakhir, warung remang-remang di kawasan Kelurahan Purutrejo. Pemilik warung ini maksudnya mengelabuhi petugas dengan memadamkan lampu diwarungnya. Tapi petugas tidak kalah jeli. Walau nampak gelap dan sepi, begitu dipastikan oleh petugas yang masuk ke warung, ternyata masih saja ada pengunjung yang asyik nongkrong sambil ngopi. Tanpa ampun lagi, kursi dan bangku yang ada didalam warung tersebut diangkut ke mobil petugas. Sejumlah motor yang parkir ditempat itu juga diperiksa kelengkapan surat-suratnya oleh petugas Satuan Lalu Lintas.

"Dari giat patroli ini, barang bukti seperti kursi dan bangku yang kita amankan dari beberapa warung kopi,  kita serahkan ke masing-masing Polsek dimana  warung itu berada. Dan  Kami berharap upaya pencegahan Covid-19 dengan tidak berkerumun atau cangkruan lebih diperhatikan lagi oleh masyarakat demi untuk mempercepat penanganan  corona ini, "ucap Yanuar didampingi Pasiter Kodim 0819 Pasuruan dan Kabagren Polres Pasuruan Kota Kompol Endri. (B.)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anggur Wirogunan Andalan Pertanian Kota Pasuruan

Porprov Jatim VIII /2023, Kontingen Kota Pasuruan Tanpa Pencak Silat

Daftarkan 30 Bakal Calegnya, Partai Gerindra Bertekad Menang di Kota Pasuruan