Featured Post

Upaya Angkat Olahan Bandeng Jelak Menjadi Komoditi Unggulan Kota Pasuruan. Oleh: Mulyo Prabowo

Gambar
Poklasar Jelak Joyo Food menunjukan salah satu kreasi olahan bandeng jelak. Pasuruan-PaslineNews  Nama bandeng jelak sudah tidak asing ditelinga masyarakat Pasuruan. Jenis ikan bersisik keperakan hasil budidaya petambak di Pedukuhan Jelak, Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan  itu sangat disukai karena rasa dagingnya lebih gurih, lembut dan tidak bau tanah. Ketua Kelompok Pengelola dan Pemasaran (Poklasar) produk olahan bandeng  Jelak Joyo Food (JJF), Nurhayati mengatakan, bandeng jelak memang sedikit berbeda dibanding ikan bandeng dari daerah lain. Selain rasanya lebih gurih dan tidak bau tanah, perbedaan itu terlihat dari bentuk fisiknya. Bandeng jelak memiliki ukuran sedikit lebih kecil tapi berisi. Rata-rata perkilonya berisi empat ekor, atau sekitar 2,5 ons per ekornya dalam kondisi segar.  Ciri lainnya, bandeng jelak bibirnya berwarna merah. Sehingga banyak orang menyebutnya dengan si bibir merah, atau ikan bergincu. "Itu ciri fisik khas bandeng jelak y

DPRD Kota Pasuruan Sampaikan Rekomendasi Terhadap LKPJ Walikota Pasuruan Tahun Anggaran 2019


Pasuruan-Pasline News.
Rapat Paripurna-2 DPRD Kota Pasuruan dalam acara Penyampaian Rekomendasi DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Walikota Pasuruan Tahun Anggaran 2019 digelar, Rabu (22/04).

Rekomendasi dibacakan oleh Wakil Ketua Farid Misbah. Dalam paparannya, ada empat urusan yang direkomendasi dewan yaitu, Urusan Wajib Pelayanan Dasar, Urusan Wajib Bukan Pelayanan Dasar, Urusan Pilihan dan Urusan Pemerintahan Fungsi  penunjang.

Yang menarik adalah Urusan Wajib Pelayanan Dasar terkait Urusan Pendidikan. DPRD merekomendasi Pemkot Pasuruan,  tahun anggaran berikutnya harus mengalokasikan anggaran yang cukup untuk biaya seragam dan buku LKS bagi siswa melalui rasionalisasi anggaran dari program kegiatan lain. Mengingat, Silpa yang masih tinggi disetiap tahunnya.

Rekomendasi itu muncul akibat banyaknya laporan dari masyarakat yang keberatan dengan jual beli LKS di sekolah putra putrinya. Untuk anggaran biaya seragam sekolah, rekomendasi tersebut dalam rangka untuk menguatkan program sekolah dasar 9 tahun. Kedepan, harus tidak ada lagi anak-anak tidak sekolah karena alasan biaya.

Kemudian, rekomendasi Urusan Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. Agar pemerintah meningkatkan penyerapan anggaran ditahun berikutnya. Sebab, di tahun 2019,  yang terserap hanya 62% . Kedepan harus diserap sebesar 80-90 %, dengan lebih memaksimalkan kinerjanya dan memberikan informasi yang jelas kepada konsultan. Karena rendahnya serapan akibat dari gagal lelang dan masih banyak sisa pekerjaan disebabkan lemahnya konsultan dan tenaga ahli.

Rapat Paripurna ditutup dengan Penandatanganan Keputusan DPRD dan Penandatanganan Kesepakatan Bersama Terhadap LKPJ Walikota Pasuruan Tahun Anggaran 2019.

Ditengah merebaknya wabah Covid-19, Rapat Paripurna diselenggarakan sesuai dengan Protokol kesehatan. Tempat duduk diberi jarak sekitar 1,5 meter, peserta rapat wajib menggunakan masker, sebelum masuk ruangan satu persatu dicek suhu tubuhnya menggunakan thermo gun dan wajib  suci tangan dan mengolesi tangan dengan hand sanitezer.

Tamu undangan juga tidak sebanyak rapat Paripurna sebelum muncul Covid. Anggota dewan sendiri yang mengikuti rapat hanya unsur Pimpinan, ketua Fraksi dan ketua Komisi.(B.)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anggur Wirogunan Andalan Pertanian Kota Pasuruan

Porprov Jatim VIII /2023, Kontingen Kota Pasuruan Tanpa Pencak Silat

Daftarkan 30 Bakal Calegnya, Partai Gerindra Bertekad Menang di Kota Pasuruan