Featured Post

Upaya Angkat Olahan Bandeng Jelak Menjadi Komoditi Unggulan Kota Pasuruan. Oleh: Mulyo Prabowo

Gambar
Poklasar Jelak Joyo Food menunjukan salah satu kreasi olahan bandeng jelak. Pasuruan-PaslineNews  Nama bandeng jelak sudah tidak asing ditelinga masyarakat Pasuruan. Jenis ikan bersisik keperakan hasil budidaya petambak di Pedukuhan Jelak, Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan  itu sangat disukai karena rasa dagingnya lebih gurih, lembut dan tidak bau tanah. Ketua Kelompok Pengelola dan Pemasaran (Poklasar) produk olahan bandeng  Jelak Joyo Food (JJF), Nurhayati mengatakan, bandeng jelak memang sedikit berbeda dibanding ikan bandeng dari daerah lain. Selain rasanya lebih gurih dan tidak bau tanah, perbedaan itu terlihat dari bentuk fisiknya. Bandeng jelak memiliki ukuran sedikit lebih kecil tapi berisi. Rata-rata perkilonya berisi empat ekor, atau sekitar 2,5 ons per ekornya dalam kondisi segar.  Ciri lainnya, bandeng jelak bibirnya berwarna merah. Sehingga banyak orang menyebutnya dengan si bibir merah, atau ikan bergincu. "Itu ciri fisik khas bandeng jelak y

Pospera Bersama BKM dan LPM Semprot Disinfectant Di Kawasan Mandaran


Pasuruan-Pasline News.
Pengurus Anak Cabang (PAC) Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pospera Kecamatan Panggung rejo, bergerak melakukan penyemprotan disinfectant di kawasan Kelurahan Mandararejo, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan. Selasa (30/03).

Bekerjasama dengan BKM Amanah dan LSM serta Kelurahan Mandaran rejo, melakukan penyemprotan disinfectant di sejumlah rumah warga, tempat ibadah dan fasilitas umum lainnya. Tidak tanggung-tanggung, area yang di sasar adalah 23 RT. di 5 RW.

Ketua PAC Pospera Kecamatan Panggungrejo M. Hasan menerangkan, sebagai bentuk tanggung jawab terhadap masyarakat kaitannya dengan pencegahan Covid-19 (Corona) di Kota Pasuruan, khususnya di Kelurahan Mandaranrejo, Pospera melakukan penyemprotan di seluruh kawasan kelurahan Mandaranrejo. Obyek penyemprotan, kantor kelurahan, tempat ibadah dan rumah warga serta fasilitas umum.

"Penyemprotan ini adalah bentuk kontribusi kami terhadap masyarakat yang sedang perang melawan wabah corona. Kali ini sasaran kami di Kelurahan Mandaranrejo. Sebelumnya, sudah kami lakukan penyemprotan di Kelurahan Panggunggrejo. Rencananya besok kami lakukan di Kelurahan Bangilan, "terangnya.

Untuk penyemprotan itu, lanjut M. Hasan, Pospera menyiapkan satu drum atau sebanyak 100 liter obat disinfectant. Hanya untuk mengcover kawasan Mandaranrejo. Untuk membeli obat dan peralatannya, murni menggunakan dana dari Pospera sendiri. Dana tersebut dihimpun dari seluruh anggota Pospera.

"Semua pengadaan obat dan peralatan, dibiayai sendiri oleh Pospera. Dihimpun dari kepedulian teman-teman anggota Pospera yang menyisihkan sebagaian rezekinya, "ucap M. Hasan

Lurah Mandaranrejo Bekti Purwanto, mengapresiasi peran serta dan partisipasi Pospera membantu pemerintah daerah untuk menanggulangi corona.  Menurutnya, dengan kegiatan penyemprotan itu, diharapkan bisa merubah kawasan utara yang  identik dengan kawasan kumuh agar dapat mendorong masyarakat untuk merubah perilaku dalam hal kebersihan.

"LSM seperti Pospera inilah yang patut kita apresiasi kegiatannya. Peduli terhadap masyarakat, bahu membahu bersama BKM dan LSM serta Aparat  Kelurahan Mandaranrejo, memerangi wabah corona. Harapan saya apa yang sudah dilakukan Pospera akan dapat merubah perilaku hidup bersih masyarakat kami, "ucap Bekti.

Sebelumnya, dikawasan Kelurahan Mandaranrejo sudah dilaksanakan penyemprotan oleh tiga pilar yakni, Pemkot Pasuruan, TNI dan Polri. Namun tidak semua kawasan mendapat semprotan disinfectant. Sebab, keterbatasan personil dan juga luasnya kawasan yang menjadi kendala.

"Kami sangat terbantu dengan kegiatan semprotan oleh Pospera. Karena sebelumnya, semprotan yang telah dilakukan oleh tiga pilar. Hanya sebagaian kawasan yang mendapat semprotan. Semoga kerjasama ini bisa berlanjut di kegiatan lainnya, "tutup Bekti.(B.)

Komentar

  1. Jaya pospera,manfaat n barokah semoga covid 19 segera pamit dr bumi Indonesia khususnya,dr belahan bumi umumnya serta tdk msuk di mandaran n kel2 yg lainya. Amin. Matur nuwun pospera, bkm amanah kel. Mandaranrejo n pihak terkait smuanya.

    BalasHapus
  2. Pospera, sebuah LSM yang patut menjadi percontohan bagi LSM lainnya. Peduli Pospera terhadap gejolak was-was atas ancaman covid-19 yang melanda publik, sudah dijawab dengan giat semprot disinfectant dan sosialisasi cara pencegahan dini melawan corona, diseluruh Kota Pasuruan. Terima kasih Pospera. Semoga semakin JAYA !!!!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anggur Wirogunan Andalan Pertanian Kota Pasuruan

Porprov Jatim VIII /2023, Kontingen Kota Pasuruan Tanpa Pencak Silat

Daftarkan 30 Bakal Calegnya, Partai Gerindra Bertekad Menang di Kota Pasuruan