Featured Post

Upaya Angkat Olahan Bandeng Jelak Menjadi Komoditi Unggulan Kota Pasuruan. Oleh: Mulyo Prabowo

Gambar
Poklasar Jelak Joyo Food menunjukan salah satu kreasi olahan bandeng jelak. Pasuruan-PaslineNews  Nama bandeng jelak sudah tidak asing ditelinga masyarakat Pasuruan. Jenis ikan bersisik keperakan hasil budidaya petambak di Pedukuhan Jelak, Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan  itu sangat disukai karena rasa dagingnya lebih gurih, lembut dan tidak bau tanah. Ketua Kelompok Pengelola dan Pemasaran (Poklasar) produk olahan bandeng  Jelak Joyo Food (JJF), Nurhayati mengatakan, bandeng jelak memang sedikit berbeda dibanding ikan bandeng dari daerah lain. Selain rasanya lebih gurih dan tidak bau tanah, perbedaan itu terlihat dari bentuk fisiknya. Bandeng jelak memiliki ukuran sedikit lebih kecil tapi berisi. Rata-rata perkilonya berisi empat ekor, atau sekitar 2,5 ons per ekornya dalam kondisi segar.  Ciri lainnya, bandeng jelak bibirnya berwarna merah. Sehingga banyak orang menyebutnya dengan si bibir merah, atau ikan bergincu. "Itu ciri fisik khas bandeng jelak y

Cegah Covid-19 Dispendukcapil Batasi 50 Pemohon


Pasuruan-Pasline News
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Pasuruan melakukan pembatasan kepada pemohon layanan kependudukan, 50 orang setiap hari. Kebijakan tersebut dikeluarkan sejak Surat Edaran Plt Wali Kota Pasuruan terkait pencegahan dini merebaknya virus covid-19 (Corona) diteken tanggal 16 Maret 2020 kemarin.

Plt. Kepala Dispendukcapil Siti Maryam menerangkan, keputusan itu tujuannya untuk mengurangi penumpukan pemohon, agar terjadi ruang jaga jarak minimal satu meter seperti yang dianjurkan. Kecuali pemohon untuk BPJS karena kaitannya dengan orang sakit dan pemohon untuk pendaftaran TNI Polri.

Kegiatan perekaman data kependudukan atau perekaman Biometrik, ditunda dua hingga tiga minggu. Sebab, kegiatan itu bersinggungan langsung dengan pemohon dan sangat rentan terjadi penularan virus corona.

"Kami menunda dua hingga tiga minggu untuk kegiatan perekaman biometrik karena rentan penularan. Kami juga menghentikan selama dua hingga tiga minggu pelayanan mobil, "ucapnya dikantornya, Kamis (19/03).

Untuk urusan pemohon yang tukar surat keterangan (Suket), Dispendukcapil sudah bekerja sama dengan kecamatan. Suket bisa diserahkan di kelurahan, secara kolektif akan diambil petugas Dispendukcapil. "Sebanyak 6000 KTP elektronik sudah kami cetak. Dan saya sarankan suketnya diserahkan di kelurahan untuk menghindari kontak lansung, "

Soal upaya pencegahan dimasing-masing OPD, Dispendukcapil melakukan cek suhu badan dan menyediakan hand saniteser untuk pemohon. Namun belum melakukan semprotan disinfectant di lingkungan kantor. "Kami siap melakukan penyemprotan, tapi tidak tahu harus beli dimana cairan disinfectant dan tenaga operasionalnya kami tidak punya, "tutup Siti Maryam. (B.)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anggur Wirogunan Andalan Pertanian Kota Pasuruan

Porprov Jatim VIII /2023, Kontingen Kota Pasuruan Tanpa Pencak Silat

Daftarkan 30 Bakal Calegnya, Partai Gerindra Bertekad Menang di Kota Pasuruan