Featured Post

Upaya Angkat Olahan Bandeng Jelak Menjadi Komoditi Unggulan Kota Pasuruan. Oleh: Mulyo Prabowo

Gambar
Poklasar Jelak Joyo Food menunjukan salah satu kreasi olahan bandeng jelak. Pasuruan-PaslineNews  Nama bandeng jelak sudah tidak asing ditelinga masyarakat Pasuruan. Jenis ikan bersisik keperakan hasil budidaya petambak di Pedukuhan Jelak, Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan  itu sangat disukai karena rasa dagingnya lebih gurih, lembut dan tidak bau tanah. Ketua Kelompok Pengelola dan Pemasaran (Poklasar) produk olahan bandeng  Jelak Joyo Food (JJF), Nurhayati mengatakan, bandeng jelak memang sedikit berbeda dibanding ikan bandeng dari daerah lain. Selain rasanya lebih gurih dan tidak bau tanah, perbedaan itu terlihat dari bentuk fisiknya. Bandeng jelak memiliki ukuran sedikit lebih kecil tapi berisi. Rata-rata perkilonya berisi empat ekor, atau sekitar 2,5 ons per ekornya dalam kondisi segar.  Ciri lainnya, bandeng jelak bibirnya berwarna merah. Sehingga banyak orang menyebutnya dengan si bibir merah, atau ikan bergincu. "Itu ciri fisik khas bandeng jelak y

Reses Pertama Mahfud Mendapat usulan Membangun Jembatan Sepanjang 250 m. Reses Yasin di RM Kurnia dan Reses Sugiharto di RM kebon Pring.



Pasuruan-Pasline News
Anggota DPRD Kota Pasuruan dari Fraksi PKB, Mahfud, S.H., M.Hum, di reses pertamanya, yang digelar di salah satu hotel di Kota Pasuruan, Rabu (11/12/19), mendapat usulan menarik dari konstituennya. Yaitu, membangun jembatan dermaga di ujung jalan Hangtuah RT9/RW3 Kelurahan Ngemplakrejo,  Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan.

Jembatan dermaga sepanjang 250 m tersebut sudah dibangun secara swadaya oleh masyarakat dari kayu seadanya, selama.ini digunakan  untuk mancing. Jika jembatan tersebut di bangun permanen, manfaatnya akan bertambah lagi yaitu untuk bersandarnya perahu nelayan. "Selain digunakan untuk tempat mancing, jembatan tersebut bisa digunakan untuk sandar perahu dan kapal nelayan. Apalagi jika air laut surut, nelayan tidak jauh- jauh  parkir perahunya. "Terang Mahfud.

Dia menambahkan, usulan tersebut sangat relevan untuk di wujudkan. Multi player efeknya sungguh luar biasa, ekonomi masyarakat sekitar bisa terkatrol. Seperti parkir dan warung. "Usulan tersebut akan kami usulkan di perubahan anggaran keuangan (PAK) tahun 2020. Jika tidak gol, ya dianggarkan di APBD tahun 2021, "jelas Mahfud.

Selain jembatan, usulan lainnya adalah pembangunan saluran air yang melintasi bangunan kantor Kecamatan Panggungrejo hingga ke sungai yang berada di sisi barat kantor kecamatan, berbatasan dengan Kelurahan Tambaan. Saluran air tersebut diusulkan, karena masyarakat di RT 3 dan RT4 yang berada di sebelah selatan kantor Kecamatan, kerepotan akses pembuangan air limbah rumah tangga dan dipastikan banjir jika hujan. Penyebabnya, pembangunan kantor Kecamatan tahun 2017 lalu tidak di disertai pembangunan saluran airnya."Usulan tersebut diperhatikan dan secepatnya kita usulkan ke dinas terkait agar cepat diwujudkan, "ujar Mahfud.

Selain dua usulan, masyarakat juga mengaduh soal PKH ( Program Keluarga Harapan), yang dinilainya tidak adil. "Ada beda perlakuan antara sekolah SD negeri dengan sekolah swasta. Jika sebuah keluarga harapan anaknya sekolah di SD negeri, keluarga tersebut akan mendapat program PKH. Lain halnya jika sebuah keluarga yang putranya bersekolah di swasta seperti Madin dan M I, mereka  . tidak bakalan akan mendapat program tersebut. "Kondisi ini tentusaja memprihatinkan. Kami akan cari tahu dan akan kami tanyakan ke pendamping, "tegasnya.

Reses Mahfud berbarengan dengan reses dua koleganya dari PKB yakni, M. Yasin dan H. Sugiarto. M. Yasin menggelar resesnya di Rumah Makan Kurnia, Rabu (11/12) dihadiri seratusan konstituennya.

H. Sugiarto menggelar reses pertamanya di rumah makan Kebon Pring Kelurahan Karangketug, Rabu (11/12), dihadiri juga seratusan orang konstituen.(B.)

Postingan populer dari blog ini

Anggur Wirogunan Andalan Pertanian Kota Pasuruan

Porprov Jatim VIII /2023, Kontingen Kota Pasuruan Tanpa Pencak Silat

Daftarkan 30 Bakal Calegnya, Partai Gerindra Bertekad Menang di Kota Pasuruan