Featured Post

Mas Dion, Satu-satunya Kader PKB Yang Siap Maju Di Pilkada Kabupaten Pasuruan

Gambar
  Mas Dion saat menemui wartawan di ruang kerjanya.(Foto:Bowo) Pasuruan-PaslineNews HM. Sudiono Fauzan semakin mantap Maju di pemilu kepala daerah Kabupaten Pasuruan pada  bulan November 2024 mendatang. Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan ini yakin akan mendapat rekomendasi dari DPP Partai Kebangkitan Bangsa. Alasan kuat kenapa dirinya yakin dan percaya bakal mendapatkan rekomendasi dari  DPP PKB, karena sejauh ini  tidak ada kader partai PKB yang menyatakan diri maju di Pilkada nanti. Alasan lainnya, dia telah berhasil melaksanakan tugas partai mempertahankan kursi PKB khususnya dapil Pasuruan 1 dan 2, pada pemilu lalu. Harapannya prestasi  itu bisa menjadi pertimbangan DPP PKB mengeluarkan rekomendasi untuknya maju di pemilu kada nanti. "Atas pertimbangan itu, saat ini saya  sedang fokus berjuang mendapatkan rekomendasi dari DPP PKB," ucap Sudiono Fauzan yang akrab di panggil Mas Dion ini, di ruang kerjanya di Sekretariat DPRD Kabupaten Pasuruan, Senin (24/03/24). Tahapan berikut

Teater Biru SMPN 1 Kota Pasuruan Mainkan Lakon Lutung Kasarung



Pasuruan-Pasline

Ada sebuah kerajaan yang rajanya bersiap pensiun. Lalu memanggil kedua putrinya yang bernama Perbolarang dan adiknya Purbosari. Lantas raja memilih putri kedua, Purbosari  untuk menggantikannya menjadi raja. Dihadapan raja, Purbolarang mendukung putusan raja. Namun dibelakangnya,  dia iri dan berusaha menyingkirkan adiknya.

Bersama Indrojoyo ia pergi ke nenek sihir. Oleh nenek sihir diberi segelas air untuk mencelakai purbosari. Setelah Purbosari minum air tersebut, sekejab ia berubah menjadi buruk rupa dan baunya busuk. Atas rayuan si Perbolarang, Ibu surinya menyuruh ki Lengser seorang punggawa kerajaan untuk membuang Purbosari ke dalam hutan. Setelah didalam hutan, Purbosari bertemu Lutung Kasarung. Sejenis monyet yang bisa ngomong dengan manusia.

Dari pertemuan itu, mereka berteman akrab. Hingga suatu hari si Lutung Kasarung mengajak Purbosari ke ibundanya, karena dia telah mendapat mimpi, yang bisa menyembuhkan Purbosari adalah ibu si Lutung. Benar, setelah Purbosari mandi di telaga sesuai perintah ibunda Lutung Kasarung, dia kembali menjadi cantik seperti sedia kala.

Mendengar hal itu, Purbolarang menjadi gelisah dan membuat sayembara untuk menemukan si Purbosari. Setelah bertemu di dalam hutan, Purbolarang menantang duel  adiknya. Dia kalah tapi masih belum mengakui kekalahannya.

Dia minta "duel" lagi yaitu pasangan yang paling tampan. Purbolarang merasa menang karena pasangannya Indrojoyo adalah sosok yang gagah. Hingga Indrojoyo menghina si Lutung. Karena mendapat hinaan, si Lutung Kasarung berubah menjadi seorang pangeran yang gagah dan tampan mengalahkan ketampanan Indrojoyo. Barulah Perbolarang mengakui kekalahannya dan meminta maaf. Selanjutnya kedua bersaudara ini hidup bersama dan rukun.

Itulah cerita singkat lakon Lutung Kasarung yang dimainkan oleh teater Biru  SMPN 1 Kota Pasuruan, di panggung terbuka SMAN 2 Kota Pasuruan, Sabtu(12/10/19) malam. Dalam rangka HUT SMAN 2 Kota Pasuruan ke-19.

Tampilan teater Biru sungguh apik, dimainkan oleh sebelas pemain dengan penuh penghayatan. Gerak dan langkahnya tidak ada yang canggung. Seolah sudah terbiasa tampil di depan publik. Walaupun tampil bareng dengan teater dari SMA/SMK se-Pasuruan Raya. Seperti, teater rumput dari SMA Negeri 1 Grati, teater Gerbang Wetan dari SMK Grati dan lainya.

Hebatnya, mereka latihan hanya seminggu. Tidak mudah membentuk karakter anak sesuai dengan peran yang dimainkannya hanya dalam waktu seminggu, kalau bukan guru atau pelatih berpengalaman yang menanganinya dan dukungan penuh dari pihak sekolah.

Sang sutradara, Indah Yulianti menuturkan,  pemainnya berlatih hanya seminggu tapi sudah  mampu bermain bagus. Itu buah dari kesungguhan anak didiknya yang rata-rata duduk di kelas 8. Rencana, teater Biru akan manggung di UPT laboratorium kesenian Jawa Timur.

"Teater Biru sudah tampil bagus. Hal ini tidak lepas dari kesungguhan anak-anak, juga dukungan dari bapak ibu guru serta Bapak Kepala Sekolah SMPN 1 Kota Pasuruan, Bapak Erman, S.Pd, "ucap Indah.(B.)

Postingan populer dari blog ini

Anggur Wirogunan Andalan Pertanian Kota Pasuruan

Porprov Jatim VIII /2023, Kontingen Kota Pasuruan Tanpa Pencak Silat

Daftarkan 30 Bakal Calegnya, Partai Gerindra Bertekad Menang di Kota Pasuruan