Featured Post

Upaya Angkat Olahan Bandeng Jelak Menjadi Komoditi Unggulan Kota Pasuruan. Oleh: Mulyo Prabowo

Gambar
Poklasar Jelak Joyo Food menunjukan salah satu kreasi olahan bandeng jelak. Pasuruan-PaslineNews  Nama bandeng jelak sudah tidak asing ditelinga masyarakat Pasuruan. Jenis ikan bersisik keperakan hasil budidaya petambak di Pedukuhan Jelak, Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan  itu sangat disukai karena rasa dagingnya lebih gurih, lembut dan tidak bau tanah. Ketua Kelompok Pengelola dan Pemasaran (Poklasar) produk olahan bandeng  Jelak Joyo Food (JJF), Nurhayati mengatakan, bandeng jelak memang sedikit berbeda dibanding ikan bandeng dari daerah lain. Selain rasanya lebih gurih dan tidak bau tanah, perbedaan itu terlihat dari bentuk fisiknya. Bandeng jelak memiliki ukuran sedikit lebih kecil tapi berisi. Rata-rata perkilonya berisi empat ekor, atau sekitar 2,5 ons per ekornya dalam kondisi segar.  Ciri lainnya, bandeng jelak bibirnya berwarna merah. Sehingga banyak orang menyebutnya dengan si bibir merah, atau ikan bergincu. "Itu ciri fisik khas bandeng jelak y

ASURANSI SYARIAH GRATIS UNTUK ABANG BECAK YANG RAJIN IBADAH






Paslinenews-Pasuruan

Tukang becak dan masyarakat tidak mampu akan diberikan asuransi syariah gratis oleh takmir Masjid Baiturrokhim Pondok Indah Kelurahan Purworejo, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan.

Program yang digagas H. Basori Alwi, takmir Masjid Baiturrokhim ini, memang digratiskan bagi tukang becak dan warga tidak mampu disekitar masjid, namun ada syaratnya. "Syaratnya mudah, cukup rajin ibadah. Lebih afdol kalau sholat di masjis ini(Baiturrokhim) dan mengikuti kegiatan di masjid ini, termasuk pengajian, " terang H. Basori Alwi.

Untuk sementara, takmir menargetkan minimal 100 orang. Dan untuk saat ini baru 10 orang yang bergabung. Asuransi yang ditawarkan adalah asuransi jiwa syariah. "Peserta tidak perlu bayar apapun, semuanya kami tanggung. Premi atau iurannya sebeaar 50 ribu rupiah sekali selama setahun. Dan Klaim pencairannya total sebesar 3,5 juta rupiah, tapi yang kami berikan, untuk biaya pemakaman sebesar satu juta rupiah. Untuk sodaqoh jariah si mayit satu juta rupiah. Sisanya, sebesar 1,5 juta rupiah untuk ahli warisnya, " jelas H. Basori.

Artinya, lanjut H. Basori, ketika peserta asuransi syariah meninggal dunia, ahli waris menerima klaim pembayaran sebesar satu juta rupiah untuk biaya pemakaman, 1,5 juta rupiah untuk ahli warisnya sedangkan yang satu juta rupiah digunakan untuk amal jariah si mayit.

Uang tersebut digunakan untuk membantu masyarakat Indonesia di kawasan timur, seperti Papua, NTT, Ambon dan sebagainya. Karena di kawasan tersebut perkembangan Islam sangat luar biasa. Dan banyak mualaf baru yang membutuhkan sarana keagamaan seperti Alqur'an, masjid dan sarana pendidikan Islam lainnya.

"Program ini murni kegiatan sosial, tidak ada muatan apa-apa. Tidak ada tendensi politik apapun. Sumber dana kegiatan ini, kita galang dari donatur yang peduli dengan sosial masyarakat di lingkungan masjid khususnya dan masyarakat umum laimnya, " tegas Sekretaris MUI kota Pasuruan ini.

Selain itu, dipertengahan bulan suci Ramadhan kali ini, takmir Masjis Baitturrokhim Pondok Indah bekerja sama dengan Klinik Al Aziz, mengadakan acara, Peringatan Nuzulul Qur'an dan Santunan 44 Anak Yatim,  pada hari Sabtu, 02 Juni 2018.

Postingan populer dari blog ini

Anggur Wirogunan Andalan Pertanian Kota Pasuruan

Porprov Jatim VIII /2023, Kontingen Kota Pasuruan Tanpa Pencak Silat

Daftarkan 30 Bakal Calegnya, Partai Gerindra Bertekad Menang di Kota Pasuruan